Tradisi Unik 5 Negara untuk Rayakan Natal. Dari Pakai Sepatu Roda sampai Sembunyikan Sapu

christmas tree

Tradisi unik rayakan Natal selalu ditunggu kehadirannya. Di Indonesia sendiri, kebiasaan saling memberikan hadiah dan berkunjung ke rumah kerabat rasanya sudah mendarah daging dan tak bisa hilang. Tapi di negara lain, tradisi merayakan Natal terasa sangat berbeda karena tak lazim dilakukan. Mau tahu seperti apa? Yuk kita cek satu persatu, 5 negara yang memiliki tradisi unik saat Natal.

Wanita Melempar Sepatu di Republik Ceko

Beda negara, beda pula tradisinya. Jika tadi sudah diulas sedikit tradisi dari negara lain seperti makan-makan atau memakai sepatu roda untuk berangkat misa. Maka, hal berbeda dilakukan oleh warga Republik Ceko, terutama para wanitanya.

Wanita-wanita Ceko pada malam Natal kerap berdiri membelakangi pintu untuk melempar salah satu sepatu mereka ke belakang. Jika sepatu itu mendarat dengan keadaan bagian ujung depannya menghadap pintu, dipercaya wanita itu akan segera menikah. Namun jika sepatu tersebut mendarat ke arah sebaliknya, maka si wanita akan terus melajang.

| Baca juga: 5 Ide Seru Mengisi Liburan Akhir Tahun di Rumah

Pakai Sepatu Roda Saat Misa Natal di Venezuela

Rollerblade

| Baca juga: Horor! Warga Korea Utara Nggak Boleh Ketawa 11 Hari

Sebuah kota di Venezuela, Caracas, memiliki kebiasaan unik ketika akan menghadiri misa Natal di gereja yang disebut Misa de Aguinaldo. Rutinitas tahunan ini membuat jemaatnya memakai sepatu roda untuk menghadiri acara kebaktian. Mulanya aktivitas ini dilakukan oleh sekelompok orang, dan kini menyebar hingga menyebabkan jalanan ibu kota harus tutup total hingga pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Berbondong-bondong makan KFC (Kentucky Fried Chicken) di Jepang

Hmm.. memang sih perayaan hari besar keagamaan identik dengan makan-makan. Seperti yang dilakukan warga Jepang, saat Natal tiba. Tapi, bukannya memasak makanan sendiri, mereka malah beramai-ramai pergi ke restoran cepat saji KFC.

Tradisi yang diberi nama Kurisumasu Ni Wa Kentakki (Kentacku) ini sudah ada sejak tahun 1974. Sampai-sampai mereka yang merayakan Natal rela antri hingga dua jam, bahkan ada yang inden beberapa bulan sebelumnya. Wah!

Monster Seram di Austria

Tradisi satu ini tak kalah unik. Karena bukannya keceriaan yang akan didapat pada malam Natal, melainkan ketakutan. Kalau kamu berkunjung ke Austria pada perayaan Natal, kamu akan menemukan banyak sekali monster Krampus berkeliling.

Monster itu berbentuk setengah manusia setengah kambing yang akan bersiap menghukum anak-anak nakal pada malam Natal. Bagaimana dengan nasib anak baik? Mereka akan diberikan hadiah oleh Krampus ditemani oleh St. Nicholas.

Menyembunyikan Sapu di Norwegia

| Baca juga: Sama-sama Menangani Kejiwaan, Ini Beda Psikiater dan Psikolog

Dilansir dari Wanderlust, orang Norwegia melakukan tradisi unik rayakan Natal. Mereka percaya kalau malam Natal adalah malam keramat. Karena bertepatan dengan datangnya roh-roh jahat sekaligus penyihir. Jadi, penduduk setempat berusaha menyembunyikan sapu mereka sebelum tidur. Mereka takut sapu-sapu itu ditunggangi penyihir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here