Kisah Ratu Elizabeth II yang Jatuh Cinta Pada Anjing Corgi

Semasa hidupnya, mendiang Ratu dikenal sebagai pecinta binatang. Salah satu hewan peliharaannya yang paling ia suka adalah anjing. Kecintaan Ratu Elizabeth II pada anjing Corgi sudah terlihat sejak ia masih kecil.

Awalnya, Ratu Elizabeth II yang saat itu berusia tujuh tahun secara khusus meminta anjing berjenis Pembroke Welsh Corgi setelah melihat hewan peliharaan milik temannya.

Sang ayah, Raja George VI, akhirnya mengabulkan permintaan putrinya itu dan memberikan anjing Corgi bernama Dookie pada tahun 1933. Anjing pertamanya itu diberikan di The House of Windsor.

Baca Juga | 20 Potret Ratu Elizabeth II Dari Masa Ke Masa

Ratu Elizabeh II dengan corgi Welsh pertama, Dookie, pada tahun 1933 | Foto: Dok. Facebook/The Royal Family

Kemudian, setelah kehadiran Dookie datanglah Jane. Lalu Susan, seekor anak anjing Pembroke Welsh Corgi yang diberikan oleh Raja George VI sebagai hadiah ulang tahun Ratu yang ke-18.

Dengan seketika, Susan, seekor anak anjing dengan bulu berwarna keemasan itu menjadi sahabat yang tak terpisahkan bagi Elizabeth muda kala itu.

Begitu dekatnya, sampai-sampai Ratu membawa Susan ke acara penobatannya, pernikahannya, dan bahkan bulan madunya dengan Pangeran Philip. 

Ratu Elizabeth II dan Susan, corgi yang diberikan untuk ulang tahunnya yang ke-18, pada tahun 1952 | Foto: Dok. Getty Images

Terlihat di foto berikut sang Ratu membawa Susan ke taman Kastil Balmoral pada tahun 1952. Ratu kemudian membiakkan Susan hingga 14 generasi, dan mendirikan ‘dinasti anjing’. Sejak saat itu, sebagian besar anjing yang dimiliki Ratu adalah keturunan dari anjing hadiah ulang tahunnya yang ke-18.

Dilansir dari The Independent, mendiang Ratu telah memiliki lebih dari 30 anjing Corgi selama hidupnya.

Foto: Dok. Getty Images/Bettmann

Di bawah asuhan kerajaan, para anabul (anak bulu) kesayangan Ratu Elizabeth II tersebut faktanya menjalani kehidupan yang mewah dan spesial.

Para anjing kesayangan Ratu dilaporkan menerima perlakuan layaknya seorang raja—mereka memiliki kamar sendiri di Istana Buckingham dan menikmati makanan daging sapi dan kelinci, yang disiapkan oleh koki mereka sendiri.

Kerap dipertanyakan apa yang membuat anjing jenis ini begitu spesial bagi sang Ratu, tetapi hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti alasannya.

Foto: Dok. Getty Images/Arthur Edwards

Beberapa pejabat kerajaan mengatakan kepada pers bahwa mereka menyukai energi dan antusiasmenya.

Pada akhirnya, Ratu berhenti membiakkan anjing Corgi ketika ia berusia 90 tahun. Saat itu Ia menjalani hari-hari di masa tuanya bersama 14 Corgi keturunan Susan hingga corgi terakhirnya, Willow, yang meninggal pada tahun 2015.

Sang Ratu sangat terpukul oleh kematian Willow, yang kabarnya menandai berakhirnya garis keluarga Susan.

Baca Juga | Pangeran Charles Jadi Raja, Lantas Apa Gelar Baru Camilla?

Kepergian anjing terakhirnya pun sempat membuat Ratu berpikir untuk berhenti memelihara anjing lagi. Namun setelah melewati tahun 2020 hingga 2021 yang sulit, sang ratu kembali menyambut dua anak anjing corgi baru pada Maret 2021.

Tepat sebelum kepergiannya, sang ratu dilaporkan memiliki empat anjing, termasuk dua Corgi, seekor Dorgi, dan seekor Cocker Spaniel. Yang tertua adalah Candy seekor Dorgi yang berusia sekitar 10 tahun.

Sedangkan yang terbaru adalah Lissy, seekor Cocker Spaniel yang memasuki keluarga kerajaan pada Januari 2022. *bri/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here