Pangeran Charles Jadi Raja, Lantas Apa Gelar Baru Camilla?

Akankah Camilla jadi ratu Inggris usai meninggalnya Ratu Elizabeth II?

Perdebatan mengenai pewarisan tahta yang akan dipegang oleh Camilla sebagai istri Pangeran Charles memang telah lama menjadi persoalan.

Pada saat pernikahan mereka pada 2005, Pangeran Charles sempat menyatakan bahwa Camilla akan menggunakan gelar ‘Her Royal Highness the Princess Consort‘ ketika ia naik takhta.

Baca JugaAkhirnya Pangeran Charles Jadi Raja. Ini Gelarnya!

Namun, dalam sebuah wawancara tahun 2010 dengan NBC, Charles sempat ditanya apakah Camilla jadi Ratu Inggris jika ia naik tahta. 

“Itu, ya… Kita lihat saja, kan? Itu bisa saja,” ujar Charles ragu-ragu.

Sempat membuat ketar-ketir, ternyata telah terbuka bahwa Camilla hanya dinobatkan sebatas permaisuri dan bukan Ratu. Mengapa demikian?

Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles, diikuti oleh Ratu Elizabeth II setelah upacara pemberkatan di Kapel St George di Kastil Windsor, 9 April 2005 | Foto: Dok. Getty Images/Odd Andersen

Rupanya, keputusan menolak gelar Ratu untuk Camilla dibuat untuk menghormati mendiang istri Charles, Putri Diana, setelah kematiannya di usia 36 tahun pada 1997 dalam kecelakaan mobil di Paris.

Permasalahan rumah tangga mereka terkuak setelah Charles dan Diana bercerai pada tahun 1996. Diana menuduh Camilla Parker Bowles sebagai dalang penghancur pernikahannya.

Hingga saat ini, Camilla yang berusia 75 tahun secara konsisten terus dibandingkan dengan istri pertama Charles dan digambarkan oleh media sebagai wanita paling dibenci se-Inggris. 

Hal itulah yang membuat Camilla tak menggunakan julukan “Princess of Wales” dan memilih untuk menggunakan gelar “Camilla, Duchess of Cornwall.”

Baca JugaRatu Elizabeth Meninggal Dunia, Tangisan Rakyat Inggris Pecah di Depan Buckingham…

Pakar Royal, Marlene Koenig, berpendapat ketika Camilla menikahi Pangeran Charles, “Camilla tak popular atau disukai, meskipun saat ini telah banyak berubah karena Camilla telah menerima banyak perlindungan dan Charles jauh lebih bahagia,” ujarnya.

“Tetapi tetap saja masih banyak ketegangan terjadi. Sehingga, diputuskan bahwa Camilla hanya dapat menyandang gelar Duchess of Cornwall, meskipun, tentu saja, dia adalah Putri Wales,” imbuhnya.

Meski Pangeran Charles telah mendapatkan kesempatan untuk menjadi raja, hal ini tetap menjanjikan masalah rumit lainnya yang harus diselesaikan oleh Royal Family. *bri/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here