Viral Tagar #JusticeForAudrey, Apa Kata Para Seleb Indonesia?

dukungan-artis-untuk-audrey 1
Foto: Dok. Instagram Anggun C. Sasmi/Luna Maya/Nikita Mirzani

Kasus pengeroyokan pelajar SMP berinisial ABZ (14) oleh 12 anak SMA di Pontianak, kini tengah menjadi perbincangan. Aksi sadis yang terjadi pada Jumat (29/3) itu, menyisakan luka yang mendalam bagi korban, baik secara fisik maupun psikologis.

Para pelaku dikabarkan membenturkan kepala korban ke aspal, menendang perut korban berkali-kali, menyiram air secara bergantian, dan menyerang wajah korban dengan sandal gunung. Sadisnya lagi, ada salah satu pelaku yang mencoba melakukan penyerangan seksual kepada ABZ.

Baca juga: Langkah Cerdas Istana Lindungi Kate-William dari Mata Nakal Turis

Kasus penyerangan ini viral di Twitter, hingga tagar #JusticeForAudrey menjadi trending topic. Netizen juga kompak membuat petisi online di laman Change.org.

Petisi tersebut meminta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD), agar memberikan keadilan untuk ABZ. Sampai artikel ini dimuat, sudah lebih dari 2 juta tanda tangan telah diperoleh.

Baca juga: 10 Years Challenge Singkap Transformasi 10 Artis Indonesia

Tak hanya itu, sederet selebriti Tanah Air juga mengungkapkan perasaannya soal kasus pengeroyokan ini. Mulai dari Nikita Mirzani, Audy Item hingga Anggun C. Sasmi turut buka suara. Apa kata mereka?

1. Nikita Mirzani

 

 

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Nikita Mirzani Mawardi (@nikitamirzanimawardi_17) on

Niki merasa miris dengan insiden keji ini. Bahkan ia mengaku gemetar saat membaca beritanya. Ia berharap, agar proses hukum berjalan dengan lancar. 

Miris. Anak SMA 12 org bisa ngeroyok anak SMP yg berumur 14 thn sendirian. Smp di colok kemaluan nya. Saya sebagai seorang ibu yg punya anak perempuan baca berita nya smp gemeteran. Apa yg ada di otak para pelaku… semoga bisa di tindak lanjutin dgn baik pak Polisi 🙏. Pasti trauma sih korban.. semoga cpt semua proses nya… mau tau itu yg boomerang di kantor Polisi msh bisa main hp ga abis ini…. #stopbullying #justiceforjunior,” tulis Niki.

2. Awkarin

dukungan-awkarin-untuk-audrey justiceforaudrey
Foto: Dok. Instagram Awkarin

Bukan hanya memberikan dukungan dari jarak jauh, Awkarin juga berniat untuk terbang langsung ke Pontianak. 

Mau orang tuanya siapa kek. gak bener kalo orang tuanya membenarkan anaknya berlaku seperti itu. Jabatan gak dibawa mati. Cara penting orang tua yang akan turun menurun ke anak dan cucu. kalo emang damai bener bener secara damai dr kedua belah pihak gapapa deh. tapi kalo damai yang dipaksa karena diancam. saya tidak setuju,” tegas artis 21 tahun itu. 

3. Reza Arap Oktovian

 

 

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by yb🇮🇩 (@rapyourbae) on

“Jangan nangis ya. Audrey listen, kamu tahu nggak berapa banyak orang yang dukung kamu di luar sana? Banyak banget, lho. Sebanyak itu,” kata Reza ketika video call bersama korban. 

Baca juga: Masuk Agensi Baru, Bae Suzy Ucapkan Perpisahan Untuk JYP

Ia meyakinkan korban untuk lebih kuat, karena jutaan dukungan mengalir untuknya. Reza juga mengatakan dirinya akan selalu mendukung korban.

4. Luna Maya

dukungan luna maya untuk audrey justice for audrey
Foto: Dok. Instagram Luna Maya

Lewat Instagram story, Luna memberikan dukungan dengan mengunggah gambar ilustrasi #JusticeForAudrey. 

5. Audy Item

 

 

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by audy uwais (@audyitem) on

Lewat unggahan tersebut, Audy menuntut agar negara memberikan keadilan kepada korban. Termasuk memberikan hukuman yang adil bagi para pelaku yang masih di bawah umur. 

6. Cita Citata

 

 

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by cita citata (@cita_citata) on

Saya sebagai wanita sedih sekali .. mengingat KPPAD melindungi Tersangka juga .. bukan tidak mungkin apabila pelaku tidak di adili akan ada korban2 berikutnya, siapapun pelaku dan berapapun umur pelaku harus di hukum dan di adili dengan se adil adilnya .. #justiceforaudrey,” kata Cita. 

7. Tatjana Saphira

dukungan tatjana saphira untuk audrey justice for audrey
Foto: Dok. Instagram Tatjana Saphira

Lewat Instagram story-nya, Tatjana memberikan dukungan dengan meminta netizen menandatangani petisi untuk Audrey. 

8. Anji Manji

 

 

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

SAYA SETUJU DENGAN ZIANA. Menurut saya yang harus dilindungi adalah korban, bukan para pelaku yang tidak merasa bersalah dan santai saja posting boomerang di kantor Polisi. Kabarnya, pelaku punya backup orang kuat di sana. Ini yang harus dicari tahu,” tulis Anji lewat Instagram pribadinya, Rabu (10/3) ini.

Baca juga: 10 Seleb Ini Akui Dirinya Anti Pakai Deodoran

Pelantun Melepasmu itu juga merasa miris, karena kabarnya akun Ziana dilaporkan setelah menulis cuitan tersebut.

Apalagi jika pemilik akun @zianafazura sampai dinyatakan bersalah. Saya harap itu hoax. Saya berharap para pelaku dihukum untuk kasus bully dan kekerasan yang terjadi terhadap Audrey. #JusticeForAudrey,” pungkas Anji. 

9. Hotman Paris

 

 

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on

Pengacara kondang yang satu ini juga tak tinggal diam. Ia memberikan dukungan penuh kepada korban. 

Hotman meminta kepada Presiden agar bertindak tegas. Hingga ia rela memberikan honor yang baru saja didapatnya dari Pesantren Tebu Ireng, kepada keluarga korban.

10. Anggun C. Sasmi

 

 

 

 

 

 
 
 
View this post on Instagram
 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Anggun Official (@anggun_cipta) on

Anggun mengatakan, dengan adanya kasus ini, harusnya membuat kita lebih paham akan arti empati. Ia pun berharap agar keadilan ditegakkan untuk korban. 

Sudah saatnya kita belajar tentang empati. Para pelaku masih remaja tapi keberingasan mereka menunjukkan bahwa kejahatan yang dibiarkan akan dianggap normal. Semoga hukum di Indonesia akan memberi keadilan untuk Audrey dan hukuman terhadap para pelaku, siapapun mereka,” kata Anggun.  (*/rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here