Pakai Sunscreen Saat Cuaca Mendung Ternyata Penting Lho. Ini Fungsinya!

sunscreen untuk cuaca mendung

Awal tahun, cuaca hujan masih mendominasi, mendung pun sering terjadi. Karena merasa tidak ada matahari, kita jadi terlena enggak pakai sunscreen. Padahal menggunakan sunscreen itu wajib banget loh, karena bisa menghindari diri dari banyak masalah. Salah satunya, menurut Skin Cancer Foundation, tidak beresiko terkena kanker kulit.

Meski matahari tertutup kumulus, nyatanya mendung hanya sanggup menahan 20% sinar UV. Artinya, dalam keadaan tertutup awan sekalipun, kita masih bisa terpapar 80% sinar UV.

| Baca juga: 6 Hal Tentang Tabir Surya yang Ternyata Hanya Mitos!

Maka, dalam cuaca apapun, selama matahari masih bersinar kita wajib melindungi diri. Beberapa penelitian bahkan mengatakan jika orang yang berada di dalam kantor pun tetap harus menggunakan sunscreen karena sinar UVA/ UVB bisa masuk melalui jendela. Malah, menurut Dr. Dendy Engelman, seorang dermatologist asal New York, sel-sel pigment tidak hanya dapat dirangsang saat matahari sedang cerah, tetapi dengan dosis rendah dari cahaya ambient dan inframerah yang dipancarkan layar gadget juga bisa.

“Orang-orang yang dulu skeptis, meragukan fungsi sunscreen saat cuaca dingin. Sekrang, mereka jadi tahu kalau sinar layar gadget pun bisa seberbahaya itu,” jelas Engelman.

| Baca juga: Skincare yang Wajib Digunakan Rutin Saat Masuk Usia 20-an

Jadi, yakin masih mau melewatkan sunscreen di cuaca mendung? Semoga enggak ya. 

Nah, untuk memudahkan diri agar tidak kerja dua kali lipat, kata dermatologist Dr. Elyse Love kamu bisa membeli pelembab atau foundation yang mengandung SPF. Selain itu kamu juga gunakan chemical sunscreen yang ringan, cepat menyerap kulit dan minim white cast, atau kamu bisa cari SPF yang sekaligus punya kandungan ceramide, glycerin, dan hyaluronic acid. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here