Bernard Hill, Aktor Lord of the Rings dan Titanic Meninggal Dunia

MENINGGAL: Bernard Hill, aktor yang pernah memerankan Kapten Edward Smith di film Titanic. (Foto: CBS/Getty Images)
MENINGGAL: Bernard Hill, aktor yang pernah memerankan Kapten Edward Smith di film Titanic. (Foto: CBS/Getty Images)

Siapa yang tidak tahu film hit bersejarah ‘Titanic’. Film tentang kisah cinta antara Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) di kapal impian yang berakhir tragis.

Kapal impian Titanic dinahkodai oleh Kapten Edward Smith yang diperankan oleh Bernard Hill. Nama Hill semakin terkenal ketika ia berperan sebagai Theoden, Raja Rohan dalam film trilogi ‘Lord of the Rings.

Kini, aktor yang terkenal karena perannya dalam Lord of the Rings dan Titanic itu baru saja tutup usia. Bernard Hill meninggal dunia pada Minggu (5/5/2024). Kematiannya tentu membawa rasa duka yang mendalam bagi dunia entertainment.

Meninggalnya Bernard Hill dikonfirmasi langsung oleh agennya, Lou Coulson. Dia menyatakan kepada BBC bahwa aktor tersebut meninggal dunia dini hari pada tanggal 5 Mei.

| Baca Juga: Bak Firasat! Sulaemana Dawood Sempat Ragu Ikut Kapal Selam Wisata Titanic Bersama Sang Ayah

Padahal, Hill dijadwalkan tampil di Comic-Con di Liverpool, Inggris minggu ini. Produser acara pun mengeluarkan pernyataan mengenai kematiannya. “Kami sedih mendengar berita meninggalnya Bernard Hill. Kami mendoakan keluaganya mendapatkan banyak kekuatan,” terangnya yang dikutip dari laman New York Post.

Diketahui, Hill lahir pada tanggal 17 Desember 1944. Aktor kelahiran Manchester, Inggris itu dibesarkan di keluarga penambang, namun berhasil masuk ke sekolah drama dan panggung.

Peran terobosannya muncul pada tahun 1979 sebagai pekerja kerah biru yang putus asa dalam film BBC ‘The Black Stuff’ dan tiga tahun kemudian dalam film ‘Boys from the Black Stuff.’

Waktu itu Hill memerankan karakter Yosser Hughes, menciptakan slogan “gizza job” yang menjadi sebuah sanjungan kepada komunitas kelas pekerja yang kehilangan haknya di bawah pemerintahan Perdana Menteri Margaret Thatcher di Inggris.

| Baca Juga: Terkuak Sosok Pelukis ‘Rose’ Telanjang di Film Titanic

Alan Bleasdale, penulis sekuel ‘Black Stuff’ yang memenangkan penghargaan Bafta, mengatakan kepada BBC bahwa keluarganya ‘patah hati’ mendengar meninggalnya Hill.

“Dia adalah anak yang besar dan lembut dalam banyak hal. Seperti sangat ramah dan lembut terhadap anak-anak,” kata penulis skenario, yang anak-anaknya berperan bersama Hill dalam drama tahun 80-an.

“Dia tinggal di dekat sini dan, ketika dia tidak bekerja, dia selalu berada di rumah kami,” kata Bleasdale mengenang Hill semasa hidupnya.

Bernard Hill memerankan Theoden, Raja Rohan dalam film kedua dan terakhir trilogi “Lord of the Rings”. (Foto: CBS/Getty Images)
Bernard Hill memerankan Theoden, Raja Rohan dalam film kedua dan terakhir trilogi “Lord of the Rings”. (Foto: CBS/Getty Images)

Ketenaran Hill telah meluas pada tahun 1980an dan 90an dengan perannya dalam film biografi ‘Gandhi’, yang dibintangi Sir Ben Kingsley, dan film thriller aksi ‘The Ghost and the Darkness,’ bersama Val Kilmer dan Michael Douglas.

| Baca Juga: Pernah Mesra di Titanic, Kate Winslet-Leonardo DiCaprio Ngaku Punya Hubungan Spesial

Hill juga termasuk salah satu dari sedikit aktor yang ikut bermain film terkenal seperti ‘Titanic’ dan ‘The Lord of the Rings: The Return of the King’ yang masing-masing meraih 13 dan 11 Academy Awards.

Merefleksikan karyanya di trilogi fantasi kedua dan ketiga, Hill pernah berkata, “Saya menyukai setiap menit setiap hari saat saya berada di Lord of the Rings.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here