Tampil tanpa make-up atau riasan bisa dikatakan adalah hal tabu untuk beberapa perempuan. Tidak jarang saya mendengar kata “alisan lah seenggaknya” atau “masa berani keluar tanpa riasan?” keluar dari para perempuan di sekitar saya. Namun sepertinya tahun ini akan ada sebuah perubahan akan stigma no make-up is ugly. Beberapa artis besar seperti Alicia Keys dan Jennifer Lopez sempat memperlihatkan swafoto tanpa riasan, bahkan ada yang hadir ke red carpet tanpa polesan sedikit pun. Kini kontestan Miss Universe pun melakukan hal yang sama.

Tujuh kontestan dari berbagai ras dipilih untuk memperlihatkan wajah mereka tanpa riasan. Para kontestan ini dipilih untuk mewakili berbagai jenis ragam kulit dan wajah perempuan dari semua ras dan etnisitas yang ada di seluruh dunia. Tidak hanya tampil tanpa riasan, mereka pun hadir dengan membawa pesan positif bagi para perempuan agar mereka percaya diri dengan apa yang mereka miliki.

Connie Jimenez-Ekuador

“Semua orang memiliki keindahan dengan cara mereka sendiri, tetapi terkadang rasanya sulit untuk menemukan rasa percaya diri di dalam diri mereka sendiri. Kunci dari rasa percaya diri adalah dengan merasa senang dengan apa yang Anda lakukan, dan bangga menjadi diri sendiri. Saya bangga terhadap diri saya sendiri, dan tidak sabar untuk melihat apa yang masa depan akan berikan kepada saya. Setiap orang memiliki ketidak-sempurnaannya dan saya menerima ketidak-sempurnaan saya.”

Johanna Acs-Jerman

“Bagi saya, menjadi percaya diri berarti merasakan kedamaian di dalam diri sendiri. Saya belajar untuk mencitnai diri sendiri dan saya bangga menjadi diri sendiri. Perlakukan diri Anda seperti Anda memperlakukan orang lain, pada akhirnya Anda sendirilah yang menjadi suporter terbesar untuk diri Anda.”

Raquel Pelissier-Haiti

“Saya bisa merasa percaya diri karena saya menerima kekurangan saya. Saya menghargai sisi unik dari diri saya. Saya ingin menginspirasi para perempuan di seluruh dunia untuk menjadikan pengetahuan sebagai kekuatan utama mereka.”

Hildur Maria-Islandia

“Bangga menjadi bagian dari negara saya menjadi inti dari kepercayaan diri saya. Setiap orang datang dari kultur dan pengalaman yang beragam, jadi untuk menerima diri Anda sendiri adalah hal yang sangat penting.”

Roshmitha Harimurthy-India

“Mengetahui dan mempercayai diri sendiri membuat saya menjadi percaya diri. Saya adalah pemilik badan saya sendiri dan pemikiran tersebut sangat membantu saya memberdayakan diri sendiri.”

Yam Kaspers Anshel-Israel

“Saya mengatakan pada diri saya bahwa saya cantik, hal ini membuat saya percaya diri. Ketika Anda bisa merasa nyaman dengan kulit Anda sendiri, Anda akan merasa lebih bahagia dan mampu mendapatkan hidup yang lebih baik.”

Ntandoyenkosi Kunene-Afrika Selatan

“Saya sadar bahwa saya tidak sempurna, namun dengan percaya akan kemampuan saya, bangga dengan latar belakang kultur saya, dan memiliki impian dan harapan untuk masa depan membuat saya percaya diri.”

Tampil percaya diri tidak harus dengan riasan, dan orang yang berani menampilkan dirinya tanpa riasan bukan berarti ia pemalas lho, ladies.  Tetapi bukan berarti saya orang yang anti dengan orang lain yang menggunakan riasan ya, hanya saja sebaiknya stigma “make-up for confidence” mulai sedikit demi sedikit Anda kurangi. Meski tanpa riasan, rasa percaya diri seharusnya ada dalam diri Anda.

Baca juga: 10 Selebriti Tampil Tanpa Riasan dan Tampak Begitu Percaya Diri

Syukurilah apa yang Anda miliki dan rawatlah hal tersebut. Pahamilah bahwa tidak akan ada orang yang sempurna dan ketidak-sempurnaan fisik Anda bukanlah hal yang buruk. Banggalah terhadap diri Anda sendiri dan bila ada orang yang berani untuk menginjak Anda, buktikan bahwa Anda tetap bisa berdiri di tengah badai tersebut.