Le Sserafim Lagi-lagi Dituding Jiplak Lagu Penyanyi Lain

MUSIK KOREA MENDUNIA: Le Sserafim tampil memukau di panggung Coachella 2024. (Foto: Dok. south china morning post)
MUSIK KOREA MENDUNIA: Le Sserafim tampil memukau di panggung Coachella 2024. (Foto: Dok. south china morning post)

Lagi dan lagi, Le Sserafim dihadapkan dengan sebuah kontroversi. Kali ini, grup yang beranggotakan Yujin, Chaewon, Sakura, Kazuha dan Eunchae itu dituding telah melakukan plagiasi dalam lagunya bertajuk Easy.

Penikmat musik Korea, baru-baru ini mengunggah opininya tentang lagu Le Sserafim tersebut. Banyak yang merasa Easy sangat mirip dengan lagu Cliche yang dinyanyikan oleh Velous pada 2017 lalu.

Video lirik untuk lagu Cliche sendiri sudah ditonton lebih 200 ribu pengguna. Mereka menilai kemiripan Easy ada dalam durasi 0:17 lagu Cliche. Melihat hal ini, banyak warganet yang membanjiri kolom komentar lagu Cliche, dan menyebutkan bila Le Sserafim telah menjiplak lagunya.

Baca Juga: Sakura LE SSERAFIM Lebih Pilih Terbang ke Cina Usai Absen Fan Sign

Ini bukan kali pertama Le Sserafim dituding menjiplak karya orang lain. Sebelumnya, lagu mereka yang berjudul Water, disebut warganet mirip dengan lagu yang dinyanyikan Tyla bertajuk Smart.

Lagu Smart sendiri telah mendulang kesuksesan yang luar biasa di negeri asal Tyla, Afrika Selatan. Lagu itu berhasil mencetak beberapa penghargaan bergengsi seperti Grammy Awards dalam kategori Best African Music Performance.

Baca Juga:  Penampilan Kedua Le Sserafim di Coachella Dituding Lipsync

Sebelumnya, grup K-Pop ini juga terkena kontroversi dalam penampilan langsungnya di Coachella, Amerika Serikat. Kualitas vokal mereka dinilai warganet jauh dari kata bagus. Apalagi, mereka tampil di salah satu festival musik paling bergengsi di dunia.

Bahkan, dalam penampilan minggu ke-2 mereka di Coachella, kualitas grup yang di bawah naungan Source Music, anak agensi HYBE itu masih belum memuaskan para penikmat musik. Mereka justru dituding melakukan lip-sync agar tak mendapatkan kritik lagi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here