Masalah yang dialami oleh perempuan dewasa tidaklah sedikit, banyak juga diantara masalah tersebut yang tidak sepele sehingga menimbulkan stres yang berlebih dan bahkan berujung depresi. Jalan-jalan ke mall untuk shopping benda-benda yang memuaskan mata terkadang bisa menjadi pelipur stres, tetapi pengeluaran yang pembaca lakukan biasanya tidak berbanding lurus dengan stres yang berhasil diselesaikan bukan? Lalu harus berbuat apa agar stres hilang tetapi uang juga terjaga? Caranya mudah, menggambar. Manfaat menggambar untuk perempuan ukup banyak lho! Cari tahu manfaatnya di sini, yuk!

1

Mencari Ketenangan

Menggambar mampu melatih otak untuk fokus dan menjadi ketenangan. Buktinya, terapi menggambar diterapkan oleh seorang pakar psikologi analitis bernama Carl Jung. Terapi ini ia berikan kepada pasien yang memiliki masalah psikologis atau masalah pada kesehatan mental agar pasien mendapatkan ketenangan.

Baca juga: 5 Benda yang Bisa Bantu Pembaca Untuk Rapikan Kamar

2

Melatih Keseimbangan Otak

Bagi pembaca yang sering menggunakan otak bagian kirinya sebaiknya mulai untuk memperhatikan otak kanan deh. Menggambar bisa dilakukan untuk melatih keseimbangan tersebut. Dengan digunakannya otak kanan, pembaca juga akan melatih imajinasi dan kreatifitas pembaca sendiri. Di dunia karir saat ini pun, orang-orang kreatif sudah sangat dibutuhkan lho.

3

Melatih Syaraf Motorik

Bagi pembaca yang hobi memegang gadget atau pekerjaan memaksa untuk melakukan hal tersebut, rasanya pasti sudah jarang untuk menyentuh alat tulis bukan? Jarang menyentuh alat tulis ternyata mampu membuat jemari menjadi kaku dan berakibat pada bentuk tulisan tangan yang tidak rapi. Hal ini pun disebabkan oleh syaraf motorik halus yang tidak dilatih dengan baik karena pola repetitif dari mengetik di layar smartphone atau keyboard. Dengan menggambar, pembaca akan memberikan efek sama dengan olahraga jari, karena jemari akan tetap terlatih untuk lincah dan akhirnya tidak kaku sekaligus meningkatkan kerja motorik halus.

Baca juga: Mudahkan Pekerjaan Dapur Anda Dengan 4 Cara Ini

4

Wadah Meluapkan Emosi

Selain melatih otak untuk fokus, para pembaca yang sedang stres karena pekerjaan yang menumpuk bisa menyempatkan waktu untuk menggambar untuk meluapkan emosi. Lakukanlah hal ini di sela-sela pekerjaan pembaca. Menggambar dapat digunakan untuk meluapkan emosi pembaca yang juga berguna sebagai meditasi ringan agar pikiran kembali jernih dan fresh . Kalau pikiran sudah nyaman kembali, pembaca siap melanjutkan pekerjaan lagi bukan?

5

Untuk Memahami Diri Sendiri

Dengan mengambar, pembaca akan mampu mengenal lebih dalam mengenai diri sendiri. Tipe goresan pembaca di atas kertas bisa menunjukkan seperti apa pribadi pembaca yang sebenarnya lho! Selain itu, hal ini juga bisa membuat pembaca bernostalgia dengan masa kanak-kanak. Saat masih anak-anak, tentu pembaca sering menggambar, dimana pada masa ini pembaca bisa jadi tidak merasakan stres. Dengan menggambar, pembaca dapat melepaskan beban di pundak sementara.

Baca juga: Hal Menyakitkan yang Hanya Dirasakan Oleh Penggemar Makeup

Inilah beberapa manfaat menggambar untuk perempuan dewasa seperti pembaca. Banyak benefit yang bisa anda dapatkan tanpa harus mengeluarkan uang lebih untuk shopping bukan? (*Kirana)