fungsi skincare

Skincare atau produk perawatan kulit adalah salah satu item wajib yang harus dimiliki oleh perempuan karena manfaatnya yang begitu besar untuk kesehatan kulit kita. Tetapi, memilih produk skincare tidak bisa sembarangan, alih-alih ingin mendapatkan kulit sehat malah kulit semakin bermasalah bila pembaca memilih produk yang salah. Oleh karena itu, pembaca disarankan untuk lebih teliti sebelum membeli skincare, pastikan bahan yang terkandung dalam skincare tidak berbahaya, dan pastikan tanggal kadaluarsa dan keaslian produk. Berikut adalah penjelasan beberapa jenis kandungan yang terdapat dalam produk skincare agar pembaca lebih paham tentang produk yang digunakan.

1AHA

Alpha Hydroxy Acid, kandungan ini untuk mengatasi problematika pada kerutan halus dan flek karena asamnya dapat mengangkat sel kulit mati. Di samping itu, AHA dapat mengatasi kulit yang kering dengan meningkatkan kadar air pada kulit.

2Salicylic Acid

Bagi pembaca yang memiliki masalah jerawat di wajah, pilihlah produk skincare yang mengandung Salicylic Acid. Fungsi dari Salicylic Acid adalah untuk membunuh bakteri, bekerja ke lapisan lebih dalam untuk mengangkat sel kulit mati.

3Ceteary Alcohol

Meskipun keterangannya alkohol, namun bahan ini tidak berbahaya karena terbuat dari tumbuhan. Alkohol alami ini digunakan sebagai bahan dasar skincare karena berfungsi untuk meyatukan air dan minyak.

4Tocopheryl Acetate

Nama lain dari vitamin E, namun tocopheryl acetate adalah vitamin E buatan dan masih ramah pada kulit berminyak karena tidak terlalu menyebabkan jerawat. Berbeda dengan Tocopherol yaitu vitamin E alami yang kurang bersahabat dengan kulit berminyak, biasanya vitamin e ini untuk kulit kering dan sebagai anti aging.

Lip Balm Terbaik untuk Bibir Kering yang Tak Terelakan Bagi pembaca yang sedang mencari lip balm ampuh untuk mengatasi bibir pecah-pecah … [Read More]

5Niacinamide

Berfungsi sebagai pencerah, anti inflamasi dan anti oksidan, bahan ini sering digunakan untuk produk skincare pencerah yang memiliki masalah warna kulit tidak merata, idealnya bahan ini digunakan dalam konsentrasi 4%.

6Titanium Dioxide

Bahan ini terbuat dari mineral alami bumi dan berguna sebagai tirai untuk kulit, yang melindungi kulit dari UV A dan UV B. Tidak hanya pada skincare, bahan ini juga sering digunakan pada makeup seperti foundation.

7Gliserin

Gliserin berfungsi untuk menahan kadar air pada kulit, bahan ini bisa diambil dari tumbuhan, hewan, maupun dibuat secara sintetis.

Masker Korea Terbaik Untuk Semua Jenis Kulit dan Terjangkau Soal masker wajah, Korea memang jagonya. Berikut adalah daftar lima masker Korea … [Read More]

8Shea Butter

Bahan ini memiliki aroma wangi yang khas, berasal dari lemak kacang tumbuhan yang berasal dari daratan Afrika. Sering digunakan untuk pelembab bagi kulit kering dan tidak disarankan untuk kulit berminyak karena dapat memicu produksi sebum lebih banyak dan menyebabkan jerawat. Tidak hanya skincare saja, shea butter juga sering digunakan untuk bahan produk hand cream dan lip cream.

9Xantham Gum

Sering menemukan produk skincare dalam bentuk kental atau gel? Maka bisa dipastikan bahawa produk skincare mengandung Xantham Gum yang berasal dari gula yang berfungsi sebagai pengental skincare. Meskipun terbuat dari gula, jangan coba-coba untuk membuat kopi dengan Xantham Gum, lho!