Masjid Agung Kasepuhan, atau biasa disebut Masjid Agung Sang Cipta Rasa, di kawasan Keraton Kasepuhan Cirebon memang kerap dipakai untuk melangsungkan pernikahan warganya. Namun Minggu (16/4) ada pemandangan tak biasa. Ribuan warga Cirebon sudah berkumpul dimasjid yang sudah berusia lebih dari 500 tahun itu sejak subuh. Mereka antusias me nyambut pernikahan artis senior Nani Wijaya (72) dengan sastrawan Ajip Rosidi (79). Pernikahan semakin spesial dengan hadirnya Sultan Kasepuhan Cirebon XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat dan istri sebagai saksi.

 

Nani Wijaya dan Ajip Rosidi

Lokasi akad sampai dipindahkan dari serambi masjid ke bagian dalam masjid untuk menghindari kepadatan. Saat akan memasuki masjid untuk pelaksanaan akad, Nani sempat terpisah dengan Ajip. Ia panik karena mengkhawatirkan kondisi Ajip yang sudahsepuh. Apalagi saat itu masjid penuh sesak.”Tadi saya sempat kehilangan dia (Ajip, red). Saya mikirnya wah jangan-jangan kabur di bawa orang. Cemburu harus, kan tanda cinta,” canda Nani sembari terkekeh.

Bersatu Lagi dalam Cinta Setelah 65 Tahun Terpisah Cinta yang gagal hari ini bukan berarti tidak ada kemungkinan bertaut kembali. … [Read More]

Sebelumnya, Nani sama sekali tak menyangka bahwa pernikahannya akan jadi heboh. ”Saya mikirnya di Cirebon ya sepi, tahunya wah saya hampir pingsan tadi,” ujar Nani. Setelah resmi menjadi pasangan suami-istri, Nani dan Ajip diarak menuju Bangsal Pagelaran Keraton Kasepuhan yang terletak hanya beberapa meterdari masjid. Di bangsal, keduanya duduk di pelaminan menyambut keluarga dan kerabat yang datang.

Nani Wijaya dan Ajip Rosidi

Pihak Sultan telah menyiapkan penampilan gembyung, kesenian khas Cirebon, untuk memeriahkan suasana. Kuliner asli Cirebon pun tak ketinggalan, sepertinasi jamblang, empal gentong, dan tjampolay. ”Padahal kita sudah pesan ke Sultan. Tidak perlu pakai adat dan acara macam-macam,” jelas Nani. Nani dan Ajip kembali mendapat keistimewaan setelah resepsi usai. Mereka dijamu secara khusus di Ruangan Dalem Arum Keraton Kasepuhan Cirebon. Ruang an tersebut adalah ruangan khusus untuk menjamu tamu kehormatan. Bukan tanpa alasan Nani dan Ajip dijamu seperti itu. Nani sendiri lahir di Cirebon dan memiliki ayah bergelar raden. Dari ratusan pasangan yang menikah di sana selama ini, baru Nani dan Ajip yang mendapat jamuan istimewa tersebut. •noe/adi/fel

Bagaimana sih rencana bulan madu Nani Wijaya dan Ajip Rosidi? Baca ulasan mereka di Tabloid Nyata edisi 2390 terbit tanggal 22 April 2017.