Kisruh Vlogger Kuliner Farida Nurhan dan Codeblu Berujung Ancaman Somasi

Kisruh Vlogger Makanan Farida Nurhan dan Codeblu Berujung Ancaman Somasi
Foto: Dok. Instagram/TikTok dr.Richard Lee

Perseteruan terjadi antar food vlogger yang cukup terkenal yaitu Farida Nurhan dengan Codeblu berlanjut kisruh hingga ancaman somasi. Awal perseteruan terjadi ketika Codeblu melakukan review tempat makan yang sudah berdiri selama 25 tahun yaitu Warung Oseng Madun Nyak Kopsah. Video review makanan ia posting di akun TikTok-nya pada hari Jumat (22/9) kemarin langsung viral.

| Baca Juga: Perseteruan dengan Amber Heard Makin Sengit. Johnny Depp Malah Asyik Manggung

Foto: Dok. Instagram

Pada reviewnya kala itu, Codeblu melakukan kritik tentang makanannya yang kata orang enak tetapi ternyata menurutnya biasa saja. ia mengkritik service yang diberikan kurang adil terhadap konsumen lain. Bukan saja kritikan, Codeblu juga mengungkap pujian terhadap sambel dan omelet yang dirasa enak. Video tersebut viral di platform TikTok dan serta mendapat tanggapan dari berbagai orang, salah satunya yaitu food vlogger juga Farida Nurhan.

Omay sapaan akrab Farida memberikan teguran kepada Codeblu melalui pesan langsung Instagram. Ia tak terima dengan cara kritik dari akun Codeblu itu sebagai seorang food reviewer atau food vlogger. Penyampaian tersebut dilakukan Omay dengan tujuan untuk pembelaan terhadap Warung Oseng Madun Nyak Kopsah. “Jangan mengatakan review jujur, tapi ternyata yang kamu lakukan di Madun Oseng it’s actually bad review,” ujar Farida di salah satu videonya.

Reviewer dengan nama akun Codeblu sendiri biasa mengkritik banyak restoran atau tempat makan dari yang skala kecil sampai restoran berkelas. Kata-kata yang ia gunakan tegas dan to the point dan ketika mereview, dan ia jarang memperlihatkan wajahnya. Dengan cara pembawaan Codeblu seperti itu, Farida lantas seperti sikap Codeblu yang tidak pernah menunjukkan wajah saat melakukan review sebuah makanan atau restoran. Hal tersebut membuat Farida melakukan penyebaran data diri dan membongkar nama asli pemilik akun Codeblu itu. Selain itu, ia juga menuding Codeblu melakukan penculikan terhadap anak perempuan orang lain.

| Baca Juga: Oplasnya Dicap Gagal. Hidung Putri Farida Nurhan Bengkak dan Bikin Ngilu

Dengan hal itu Codeblu tidak terima atas hal tersebut dan melayangkan somasi dengan memberikan waktu 1×24 jam untuk permintaan maaf. “Halo selamat malam, saya Codeblu. Saya keberatan dengan doxing (penyebaran identitas), penyebarluasan berita bohong, dan fitnah, serta pemecah belah dan perusak nama baik saya. Saya harapkan klarifikasi dan permintan maaf secara tertulis dan melalui video TikTok mengakui bahwa anda melakukan kesalahan tersebut. Saya akan melaporkan secara resmi kepada pihak yang berwenang dalam 1×24 jam, terima kasih,” tulis Codeblu dalam pesan di Instagram.

Namun Farida justru tidak mau melakukannya dan malah seolah menantang untuk dilaporkan. “Tidak, silahkan laporkan saya ke pihak berwajib kalau menurut anda itu perlu. Sebagai WNI yang baik saya akan mengikuti peraturan dan panggilan dari pihak yang berwajib apabila saya dipanggil,” respon Farida. Akhirnya Codeblu pun melayangkan laporan resminya ke Kantor Polisi Daerah Metro Jaya ada tangga 25 September kemarin. *vin/pra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here