5 Tanda Seseorang Terjangkit Celebrity Worship

Foto: Dok. scmp.com

Mengidolakan seorang public figure merupakan hal yang lumrah. Namun, jika kegiatan itu sudah membuat konsentrasimu terpecah sampai menganggu aktivitasmu sehari-hari, maka kamu perlu waspada. Mungkin kamu perlu mengenal tanda-tanda orang terjangkit celebrity worship

Celebrity worship sendiri mempunyai arti suatu sindrom obsesif dan adiktif di mana penggemar tidak bisa mengendalikan diri ketika mengidolakan selebritis atau orang terkenal lainnya. Ia malah terus-terusan kepikiran tentang sang idola yang sampai menganggu kehidupan pribadinya.

|Baca Juga: Gadis 14 Tahun Dilarikan ke Rumah Sakit karena Terobsesi BTS

Atika Dian Ariana, S.Psi., M.Sc., dosen psikologi Universitas Airlangga, menyebut bahwa sosial media ikut berpengaruh terhadap keberadaan sindrom tersebut pada masa kini. 

“Saya melihat kenapa sampai ada celebrity worship ini karena perkembangan teknologi yang bisa membuat orang catch up dengan idolanya lebih dekat. Bisa juga karena pola kognitif remaja yang belum berkembang. Jadi dia tidak bisa membedakan bahwa apa yang ditampilkan sang idola di media dan di kenyataan itu berbeda,” jelasnya kepada Nyata melalui sambungan telepon pada Jumat (9/9) lalu. 

Atika pun mengungkap lima tanda yang sering dijumpai ketika seorang penggemar telah terkena sindrom ini. Apa saja, ya? Yuk, kita simak!

1. Kepikiran Sang Idola Terus Menerus 

Tanda pertama ialah fans selalu kepikiran idolnya terus menerus. Tiada hari tanpa update berita idola kesayangannya itu. Lebih parahnya lagi, dia bakal cemas berlebihan ketika tidak bisa fangirling atau fanboying di media sosial. 

2. Menyukai Terlalu Berlebihan

Fans yang mengidap celebrity worship akan menyukai sang idola berlebihan. Mereka akan mengatakan jatuh cinta kepada personality artis favoritnya itu. Padalah persona yang ditampilkan seorang public figure akan berbeda dengan sifat aslinya.

3. Tidak Rela Idola Kesayangannya Dihujat Orang Lain 

Atika menyebut bahwa penggemar menjadi lebih sensitif ketika idolanya dihujat dengan orang lain. Hal itu berkaitan dengan fenomena fanwar (perang komentar antar fans, red) yang terjadi di media sosial. Hayo, siapa yang sering fanwar?

“Yang khas dari celebrity worship itu (penggemar) menjadi sangat sensitive ketika idolanya dikomentari secara negatif. Makanya ini ada kaitannya dengan perang komen di media sosial yang mana fans dan haters saling menghujat,” papar dosen sekaligus kepala prodi psikologi UNAIR itu. 

|Baca Juga: 8 Remaja India Masuk Rumah Sakit Jiwa Karena Terobsesi BTS

4. Menjadikan Idola sebagai Objek Fantasi

Tanda selanjutnya adalah penggemar itu akan menjadikan idolanya sebagai objek fantasi. Contohnya, ia akan menganggap salah satu member BTS menjadi pacarnya di kehidupan nyata. Fans itu juga gak segan untuk melakukan berbagai cara agar kehaluannya itu bakal tercapai. Wah, kalau ini sih sudah parah! 

5. Memprioritaskan Idola dan Mengabaikan Kehidupan Pribadi 

Membeli merchandise, menonton konser, dan melakukan voting agar idola menang itu sah-sah saja. Hal itu merupakan salah satu bentuk dukungan untuk mereka. Namun, kalau sudah sampai menelantarkan dan merugikan kehidupan pribadi itu tanda red flag

Itulah lima tanda seorang fans mempunyai sindrom celebrity worship. Jika kegiatan fangirling/fanboying mu telah mengganggu kehidupan, kamu perlu waspada ya. *mir/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here