4 Fakta di Balik Single ’Keke Bukan Boneka’ yang Jadi Trending YouTube

kekeyi-bukan-boneka
Foto: Net

YouTuber Rahmawati Kekeyi Putri Cantika kembali jadi pembicaran setelah mengeluarkan single perdana berjudul Keke Bukan Boneka. Betapa tidak, dalam lima hari saja, lagu tersebut sudah ditonton lebih dari 17 juta, dan jadi trending pertama di YouTube.

Namun, seiring dengan makin populernya lagu tersebut, fakta-fakta pun bermunculan. Yuk, simak empat fakta berikut ini:  

1. Dituding Jiplak Lagu Rinni ’Idol’

Kekeyi mengaku lagu Keke Bukan Boneka adalah ciptaannya sendiri. ”Aku pas menciptakan lagu itu, mantan aku tuh bilang kamu tuh bukan boneka. Ngeledek kecil-kecilan. Terus aku buat puisi. Kata-kata. Terus aku kan kursus ukulele. Ke studio, bikin aransemen, terus ya bikin lagu,” bebernya kepada Anji.

Namun, begitu populer, banyak yang menilai perempuan 25 tahun menjiplak lagu Rinni Idol berjudul Aku Bukan Boneka, yang dirilis tahun 2007 lalu.

Baca juga: Dituding Jiplak Lagu Rinni ’Idol’, Kekeyi Nangis-Nangis Takut Dipenjara

Meski begitu, sang pencipta lagu, Novi Umar justru meminta agar tidak menyudutkan Kekeyi. Dia mengira Kekeyi tidak paham tentang hak cipta. Umar menyayangkan pihak profesional di balik perilisan lagu Keke Bukan Boneka.

2. Kekeyi Mengaku Bikin Konsep Video Sendiri

Mikko bersama Kekeyi. Foto: IG: MIKKO

Tidak hanya mengaku menciptakan sendiri lagu Keke Bukan Boneka, Kekeyi juga mengkliam membuat sendiri konsep videonya. Mengetahui itu, seorang sahabat Kekeyi, Cahyo Jatmiko atau akrab disapa Mikko, akhirnya buka suara.

Menurut Mikko, dia dan beberapa temannya ikut memikirkan konsep tersebut. Namun, begitu video itu diunggah, nama-nama yang terlibat dalam video tersebut tidak dicantumkan.

”Terus dia ngomong kalau semua konsep video klip lagu itu dia sendiri yang mikirin. Astagfirullahalazim, diklaim sendiri,” imbuh cowok 16 tahun itu seperti dikutip dari Kapanlagi.com.

3. Mikko Hanya Dibayar Rp200 Ribu

Mikko yang mengaku punya andil dalam pembuatan video klip Keke Bukan Boneka, mengaku hanya dibayar Rp200 ribu. Awalnya dia tidak keberatan ketika diminta bantuannya, karena sudah menganggap Kekeyi seperti saudara sendiri.

”Ya aku nggak dibayar nggak apa-apa, karena nganggapnya teman dan udah kayak saudara. Disuruh-suruh pun nggak mikir. Mau-mau aja. Tapi kalau teman-temanku gimana, aku nggak enak. Apalagi nama kita ternyata nggak ditulis. Itu kan namanya nggak menghargai kita,” bebernya.

4. Kekeyi Ngaku Desain Kostum Sendiri

| Baca juga: 5 Artis yang Cover Lagu ‘Keke Bukan Boneka’, Siapa Paling Keren?

Saat melakukan video call dengan presenter acara Brownis, Kekeyi mengaku merancang sendiri kostum bunga-bunga yang dipakainya dalam video klip Keke Bukan Boneka. ”Iya, aku yang desain sama mama,” aku Kekeyi yang langsung dipuji sebagai sosok kreatif.

Namun faktanya, Kekeyi tidak mendesain sendiri busana tersebut. Menurut Mikko, yang merancang adalah seorang ibu. ”Kasihan ibu itu, jerih payahnya tidak dihargai. Apalagi beliau orang yang kurang mampu,” ungkap Mikko.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here