10 Alternatif Pengganti Alkohol

bahan alternatif pengganti alkohol memasak
Foto: UChicago Medicine

Ada beberapa resep makanan yang mencantumkan alkohol sebagai salah satu bahannya. Bagi kalian yang tidak mengonsumsi alkohol, tak perlu risau karena ada beberapa bahan yang bisa dijadikan pengganti. Apa saja?

1. Red Wine

Red wine bisa diganti dengan cuka anggur merah yang dilarutkan dengan air hangat. Atau jus buah anggur merah yang diberi sedikit cuka. Bisa juga diganti dengan jus delima, jus tomat, jus cranberry atau kaldu daging sapi.

2. White Wine

cuka-apel-pengganti-wine
Foto: Healthline

White wine diganti cuka apel yang dilarutkan dengan air, sari buah apel jus anggur hijau yang diberi sedikit cuka, atau cuka anggur hijau yang dilarutkan dengan air.

3. Ginger Ale

Kaldu ayam juga bisa jadi alternatif pengganti ginger ale. Selain itu bahan tersebut juga bisa diganti dengan air jamur kemasan. 

3. Bahan Pengganti Alkohol Sherry

Sherry, bisa diganti dengan campuran cuka apel dan air jika digunakan untuk masakan. Sherry yang dicampurkan untuk kue atau dessert bisa diganti ektrak vanili, jus nanas, jus jeruk, jus apricot atau jus buah peach.

4. Brandy

Brandy bisa diganti dengan sari buah apel atau jus anggur hijau.

5. Bahan Pengganti Alkohol Rhum

Rhum bening bisa diganti dengan campuran jus anggur putih, jus nanas, jus apel, atau sari apel dengan sedikit ekstrak almond. Untuk rhum gelap, campur molase dan jus buah. Atau ganti dengan campuran esen kopi dan esen cokelat. Atau campur esen moka dan kayumanis serta pala.

Baca juga: 10 Alternatif Pengganti Tepung Terigu

6. Amaretto

Amaretto bisa digantikan ekstrak almond. Gunakan satu setengah sendok teh ekstrak untuk setiap dua sendok makan Amaretto yang diminta.

7. Bahan Pengganti Alkohol Bir Ringan

Bir ringan dapat diganti kaldu ayam, jus anggur putih atau bir jahe. Untuk bir gelap, ganti dengan kaldu sapi atau kaldu jamur. Atau ganti dengan bir non-alkohol seperti root beer atau cola.

8. Bourbon

ekstark vanila bahan pengganti alkohol
Foto: Tokopedia

Bourbon, bisa diganti ekstrak vanila dan air. Gunakan satu bagian vanila dan dua bagian air.

9. Sampanye

Sampanye, bisa diganti minuman jahe berkarbonasi, jus anggur putih, atau sari apel.

Baca juga: 4 Cara Untuk Memastikan Kematangan Daging

10. Bahan Pengganti Alkohol Liqueur Kopi 

Liqueur kopi dapat diganti dengan espresso atau kopi kental, ekstrak kopi, sirup kopi, kopi instan (campur satu sendok teh butiran kopi dengan dua sendok makan air untuk menggantikan dua sendok makan cairan kopi). Tambahkan sedikit ekstrak cokelat atau cokelat untuk menyempurnakan rasa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here