7 Rekomendasi Drakor Bertemakan Makanan. Awas Bisa Bikin Perut Keroncongan!

Foto: Dok. allkpop

Ada banyak moral cerita, inti, pesan, emosi dan lain-lain yang berusaha ditonjolkan dalam sebuah drama. Bersamaan dengan itu, latar yang digunakan dalam drama juga membantu para penonton untuk lebih larut dalam cerita yang disampaikan. Beberapa contohnya adalah latar tempat, pekerjaan, atau karir dari karakter utama drama tersebut dimana kadang latar ini lah yang menuntun sang karakter utama untuk bertemu dengan karakter penting lainnya di dalam drama itu.

Tak terkecuali dengan drama bertemakan makanan. Dimana biasanya drama-drama dengan tema seperti ini berpusat pada sang karakter utama yang mungkin merupakan seorang juru masak, pembuat roti, atau hanya seseorang yang suka memasak dan makan saja.

Walaupun biasanya drama lebih terpusat pada romansa dan nuansa menegangkan dalam setiap episodenya, drama mengenai makanan ini juga tidak kalah seru loh. Nah jika kamu penikmat makanan dan tergiur menonton drama dengan tema makanan di dalamnya, ini lah 7 rekomendasi drakor bertemakan makanan yang bisa kamu tonton!

7 Drama Korea Bertemakan Makanan. Foto: Dok. hellokpop

1. Jewel in the Palace

Drama ini menceritakan tentang seorang pelayan kuliner yatim piatu yang kemudian menjadi dokter wanita pertama sang Raja bernama Seo Jang Geum. Seo Jang Geum sendiri diperankan oleh aktris senior, Lee Young Ae.

Jang Geum merupakan seorang koki muda yang tengah dalam masa pelatihan, namun ia bercita-cita untuk menguasai masakan dan pengobatan Korea di era Joseon.

Cerita ini diangkat dari sejarah kisah nyata mengenai tabib kerajaan wanita pertama di Dinasti Joseon. Penggambaran budaya Korea sangat kental dalam drama ini, terutama masakan yang disajikan di Istana kerajaan Korea yang menggugah selera makan saat melihatnya.

2. My Lovely Sam Soon

My Lovely Sam Soon menceritakan tentang Kim Sam Soon yang merupakan koki kue yang berbakat. Kim Sam Soon yang diperankan oleh Kim Sun Ah ini memiliki sebuah mimpi besar dimana ia ingin menciptakan berbagai makanan lezat untuk semua orang.

Namun, Sam Soon akhirnya malah kehilangan pekerjaannya dan di malam natal kekasihnya yang tidak setia memutuskannya. Di malam yang sama, ia kemudian bertemu dengan pemilik sebuah restoran Perancis mewah, Bon Appetit. Dimana pemilik restoran itu melihat kacaunya Sam Soon saat diputuskan di depan publik.

Berbagai makanan lezat khususnya makanan penutup seperti kue, coklat, dan lain-lain banyak sekali diperlihatkan di drama ini sebagai hasil kerja keras dari Sam Soon. Visualnya yang menggiurkan tentu akan memuaskan mata siapapun yang menonton.

|Baca Juga:5 Rekomendasi Drama Korea Sageuk yang Bikin Susah Move On

3. Wok of Love

Sebuah restoran China turun-temurun yang bernama Hungry Wok dibangun di seberang jalan sebah hotel mewah bernama Giant Hotel. Doo Chil Sung, diperankan oleh Jang Hyuk, merupakan mantan rentenir dari Big Dipper Gang. Ia kemudian mengambil alih Hungry Wok dengan tujuan untuk menyediakan lahan pekerjaan bagi rekan rentenirnya seusai mereka keluar dari penjara.

Ia kemudian bertemu dengan Seo Poong, diperankan oleh Jun Ho 2PM, dan Dan Sae Woo, diperankan oleh Jung Ryeo Won. Dimana Seo Poong dulunya adalah seorang chef terkenal yang kehilangan pekerjaannya karena sebuah fitnah dan konspirasi di dalam tempat kerjanya. Dan Sae Woo sendiri merupakan seorang ahli waris dari konglomerat yang jatuh miskin.

Keduanya datang menemui Doo Chil Sung dengan tujuan meminta bantuan agar mereka dapat kembali ke kedudukan awal mereka.

Makanan yang ditampilkan dalam drama ini berpusat pada makanan-makanan yang disajikan di restoran China, mengingat Hungry Wok merupakan restoran China. Seperti Jajjangmyeon, Tangsuyuk, dumpling, mie wonton ala Hong Kong, dan lain-lain.

4. Bread, Love and Dreams / King of Baking, Kim Tak Goo

Drama ini berpusat pada kehidupan Kim Tak Goo, diperankan oleh Yoon Si Yoon, yang merupakan anak hasil perselingkuhan dari seorang pemilik bisnis kue terkenal bernama Goo Il Jong. Keluarga Goo Il Jong, sangat tidak menyukai Kim Tak Goo dan bahkan berencana untuk merebut warisan yang diberikan Il Jong kepada putranya itu.

Meskipun begitu, Tak Goo merupakan seorang yang andal dalam membuat kue dan bisa dibilang akan mengikuti jejak kesuksesan ayahnya yang juga seorang pembuat kue yang andal. Walaupun warisan yang dimilkinya dirampas oleh keluarga ayahnya, ia tak menyerah dan berusaha memulai bisnisnya dari awal. Karena tujuannya sendiri bukanlah uang, tapi ia ingin menjadi pembuat kue terbaik di industri yang digelutinya itu.

5. Mr. Queen

Drama Mr. Queen sendiri merupakan drama baru yang tayang pada 2020 lalu, berbanding terbalik dengan drama-drama sebelumnya yang merupakan drama yang sedikit lawas. Ceritanya sendiri sangatlah unik, dimana drama kerajaan ini disatukan dengan genre fantasi yang membuat penonton semakin tertarik.

Bercerita tentang kepala koki di Blue House, Jang Bong Hwan, diperankan oleh Choi Jin Hyuk, yang tiba-tiba terbangun dan berada di dalam tubuh Kim So Yong yang sebentar lagi akan diangkat menjadi Ratu Cheorin, diperankan oleh Shin Hye Sun. Ia terbangun dan menyadari dirinya melintasi waktu sampai ke dinasti Joseon di masa lampau.

Makanan yang ditampilkan di drama ini kebanyakan adalah makanan modern yang dikemas tradisional. Hal ini dilakukan Bong Hwan untuk mencari cara untuk kembali ke masa kini sehingga ia melakukan segala cara untuk memenangkan hati petinggi kerajaan, salah satunya lewat masakan yang ia buat.

6. Oh My Ghost

Bercerita tentang Na Bong Sun yang merupakan asisten koki di Sun Restaurant. Na Bong Sun, diperankan oleh Park Bo Young, seringkali merasa kecil dan tidak percaya diri. Ia juga bisa melihat hantu, dimana hidupnya kemudian berubah seratus delapan puluh derajat setelah ia kerasukan hantu perawan yang bernama Shin Soon Ae.

|Baca Juga:5 Rekomendasi Novel Akiyoshi Rikako yang Penuh Plot Twist. Penggemar Thriller Wajib Baca!

Kerasukannya ini tentu membawa banyak perubahan ke dalam sifat dan kepribadiannya. Dimana akhirnya ia menarik perhatian kepala koki di tempatnya bekerja, Kang Sun Woo, yang juga pemilik dari restoran tersebut dan lelaki yang disukai oleh Bong Sun.

Makanan yang diperlihatkan dalam drama ini pun juga beragam, mulai dari makanan barat hingga makanan tradisional Korea. Tapi tentu saja, visualnya tetap sangat menggiurkan.

7. Dae Jang Geum is Watching

Drama ini menceritakan tentang Seo Jang Geum yang merupakan jenius dalam kuliner dan juga dokter kerajaan wanita pertama, menurunkan bakatnya kepada penerusnya. Bisa dibilang drama ini merupakan spin-off dari drama Jewel in the Palace di atas.

Drama ini berpusat pada kehidupan tiga bersaudara, San Hae, Jung Shik dan Jin Mi yang masing-masing mempunyai bakat kuliner yang luar biasa.

Berbagai masakan tradisional Korea ditampilkan dengan apik dalam drama ini. Disorot dengan apik, makanan-makanan tersebut dijamin akan membuat penonton meneguk ludah saat melihatnya.

Nah, itulah 7 drama Korea yang bertemakan makanan. Selamat menonton!*via/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here