Privasi adalah hak dari semua orang, itu sudah hal mutlak. Meskipun tidak semua orang akan marah ketika privasi mereka di jajah, namun tetap saja privasi adalah hal yang harus dihargai. Termasuk ketika orang tersebut adalah selebriti. Banyak yang merasa bahwa karena mereka selebriti, privasi mereka seolah harus dijajah. Tetapi aktris satu ini justru beranggapan sebaliknya. Emma Watson menolak selfie dengan penggemarnya demi alasan di bawah ini.

Emma Watson menolak selfie untuk alasan keamanan

Berkata kepada Vanity Fair, pemeran Hermione Granger di Harry Potter ini menjelaskan bahwa dirinya kini tidak lagi menerima permintaan swafoto alias selfie bersama dengan penggemarnya. Ia menambahkan bahwa dirinya akan memberikan tanda tangan atau menjawab pertanyaan apapun yang berhubungan dengan Harry Potter, namun tidak untuk swafoto.

“Ketika seseorang mengambil foto saya dan mengunggahnya, dalam dua detik mereka akan memberitahukan kepada khalayak di mana saya berada.”

Baca juga: 5 Buku Tentang Perempuan Rekomendasi Emma Watson

Harus paham situasi dan kondisi

Perempuan yang dikenal sebagai penggemar buku ini merasa bahwa dirinya tidak boleh semudah itu memberikan data kepada dunia. Sebagai seorang selebriti, ia ingin privasi dan keamanannya terjaga dengan baik. Ia merasa harus mengetahui di mana dan kapan ia harus berinteraksi.

Emma Watson Menolak Selfie

“Kapan ketika saya sedangn berjalan sebagai selebriti dan kapan ketika saya akan memberikan seseorang minggu yang menyenangkan? Contohnya, saya tidak akan menolak bila yang meminta (swafoto) adalah anak-anak.”

Baca juga: Emma Watson Sembunyikan Buku di Stasiun Bawah Tanah, Ada Apa Gerangan?

Teknologi membuat dirinya harus lebih menjaga privasi

Rasa ingin melindungi privasi dirinya yang besar ini berasal dari keberadaan media sosial. Emma mengaku bahwa beberapa orang telah menyarankan untuk berbicara dengan Jodie Foster atau Natalie Portman tentang hal ini karena mereka berada di posisi yang sama, namun Emma Watson tetap merasa bahwa dunia saat ini berbeda.

Emma Watson Menolak Selfie

“Saya tidak mengatakan bahwa hal ini mudah untuk mereka (Jodie dan Natalie), namun dengan media sosial ini adalah dunia yang berbeda. Mereka berdua berkata bahwa teknologi telah mengubah permainan… Bagi saya privasi bukanlah sebuah ide yang abstrak.”

Baca juga: Suara Emas Emma Watson Sebagai Belle di Beauty and the Beast

Menurut saya, keputusan Emma ini adalah hal yang lumrah. Meskipun selebriti, semua manusia tetap membutuhkan privasi dan berhak untuk mendapatkannya. Berada di bawah gemerlap dunia hiburan sejak masih kecil, privasi Emma Watson seolah telah diambil dari dulu dan kini ia berusaha untuk memenangkannya kembali. Bagaimana pendapatmu tentang hal ini?