Mengenang Advent Bangun, dari Aktor Laga, Ayah, sampai Pendeta

0
74
Mengenang Advent Bangun
Foto; Net

Kabar duka kembali menyelimuti jagat perfilman Tanah Air. Aktor laga legendaris, Advent Bangun meninggal dunia di usianya 65 tahun, Sabtu (10/2) lalu. Advent meninggal sekira pukul 02.35 WIB di HCU Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan akibat gagal ginjal. Jenazah dikebumikan di TPU Kandang.

Serpihan kenangan tentang sosok Advent masih terukir jelas di ingatan orang-orang terdekat almarhum. Terutama di ingatan istrinya, Louis Riani Amalia Sinulingga. Serta ke empat anaknya, yaitu Amalia Febe Venita Bangun (Febe), Andrea Esther Bangun (Dea), Emmanuel Emilio Bangun, dan Matthew A. Benaya Bangun.

Febe mengungkapkan, sebelum meninggal, ayahnya yang mengalami gagal ginjal karena penyakit diabetes harus rutin cuci darah seminggu dua kali.

”Saat terakhir kali menjalani cuci darah, papa bilang kalau dia sudah lelah. Karena dilakukan seminggu dua kali, setiap Senin dan Kamis. Sekali cuci darah membutuhkan waktu sekitar lima jam. Itu bukan waktu yang singkat,” ungkap Febe saat ditemui di rumahnya di Kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (13/2) lalu.

Baca juga: 2 Keinginan dr Ryan Thamrin Saat Sebelum Meninggal

Semantara itu, Sang ayah juga menitipkan pesan kepada Dea sebelum kepergiannya. ”Pesan Papa harus bisa jaga diri dan jaga mama. Pokoknya kalau ada apaapa harus bisa jaga Mama. Karena saat Papa udah nggak ada, mama pasti merasa kesepian,” kata Dea dengan mata berkaca-kaca.

Meski publik mengenal Advent sebagai pemeran antagonis sekaligus karakter yang penuh amarah. Tapi di mata keluarganya, mendiang dikenal sebagai sosok kepala keluarga yang tegas dan penyayang. ”Memang kalau Papa lagi marah itu serem banget. Namun, kemarahan Papa adalah salah satu cara dia menunjukkan kasih sayangnya,” ungkap Febe.

Baca juga: Sang Istri Meninggal Dunia, Said Bajuri Kangen Ngomelnya

Tak hanya itu, anak-anaknya menilai, Advent sebagai sosok ayah yang mencintai anak-anaknya. ”Pernah saat masih kecil, aku sempat minta anter Papa pergi ke Ancol untuk bermain ayunan. Papa sampai bela-belain ninggal lokasi syuting buat temenin aku ke sana,” Kenang Febe dengan meneteskan air mata.

Tidak selamanya berprofesi sebagai aktor, Advent akhirnya memutuskan mundur dari dunia hiburan dan memilih menjadi seorang pendeta.

Sejak saat itu, pria yang namanya melejit dari film Si Buta Dari Gua Hantu ini dikenal dengan Pdt. Yohanes Thomas Advent Bangun. Mendiang melakukan pelayanannya kepada jemaat di Gereja Tiberias, Jakarta Pusat.

”Aku bangga ketika Papa memutuskan menjadi pendeta karena banyak orang yang bertaubat lewat dia dan banyak juga jiwa-jiwa yang dimenangkan. Aku senang ternyata Papaku banyak menabur kebaikan di luar sana,” ujar Febe. *rif/bas/fel

Selain mengenang Advent Bangun, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2433 terbit tanggal 17 Februari 2018.