Ada Kisah Unik Dibalik Mini Album ‘3[6]0’ Milik Base Jam

Foto: Dok. Pri. Base Jam

M enandai 30 tahun berada di industri musik tanah air, band Base Jam merilis mini album yang diberi nama 3[6]0 (Tiga Enam Puluh), yang juga menjadi mini album ke-8 sepanjang band ini berdiri.

Dalam album tersebut terdapat lima lagu, yaitu Kisah Baru, Mantra Tenang, Keyakinan Hati, Move On dan Cinta Sejati. Masing-masing lagu memiliki benang merah, yang
menceritakan jalan cerita tentang siklus hati, dan berbagai tahapan dalam perjalanannya.

Dan semua perjalanan itu terangkai menjadi satu lingkaran, atau siklus perjalanan hati. Ada patah hati, ketenangan, mencari keyakinan dalam diri, terus berjalan menuju masa depan yang penuh dengan janii akan cinta sejati.

“Ketika kami berdiskusi memikirkan apa judul album ini, kami sudah tahu akan menjadi sebuah cerita. Tetapi ketika ide angka 360, dan kemudian penulisan 3[6]0 yang menegaskan mengenai angka 30 dan 6, terasa sangat cocok dan mewakili pesan, perasaan dan kondisi kami saat ini”, ujar Alsa kepada media di kawasan Cipete Jakarta Selatan, Minggu (29/1/2024).

Foto: Dok. Pri. Base Jam

“Tahun lalu ketika kami menginjak usia 29, terasa luar biasa dan tidak percaya. Sekarang bisa di usia ke-30, dan bisa merilis sebuah mini album, itu menjadi kebanggaan dan kebahagiaan baru lagi buat kami,” tambah Sigit.

| Baca Juga: Berat Badan Ira Wibowo Turun 10 Kg Demi Jadi Ibu Dilan

Oni menjelaskan, masing-masing personil menyumbangkan karya mereka di mini album ini. Proses pembuatan mini-album ini dibantu oleh Lawdenk sebagai music producer, dan Bakhesty Irigisa sebagai vocal director.

“Masing-masing dari personil menyumbangkan lagunya dan hasil dari proses seleksi, jadilah lima lagu ini. Dan ternyata, setelah dilihat benang merah liriknya, memang ada semacam cerita di dalamnya,” jelas Oni.

Foto: Dok. Pri. Base Jam

Lima lagu yang terdapat di dalam album 3[6]0 ini sebaiknya didengarkan secara berurutan, karena cerita dan mood lagu yang disampaikan, hadir sebagai sebuah siklus perjalanan hati.

| Baca Juga: Cerita Nowela ‘Bertahan’ di Taman Nasional Baluran

Cerita diawali oleh Kisah Baru, yaitu ketika seseorang memutuskan untuk meninggalkan cerita lama dan memulai yang baru. Sambil terus mengingat, bahwa ketika keadaan tidak sesuai ekspektasi, sehingga dia harus pergi meninggalkan keadaan tersebut, hati harus tetap tenang.

Carilah Mantra Tenang di dalam hati ini. Salah satu cara mencari tenang adalah dengan yakin pada hati. Tumbuhkan Keyakinan Hati melalui doa, melalui harapan akan masa depan yang lebih indah nantinya.

| Baca Juga: CeliaJ, Penyanyi Asal Kanada yang Duet dengan Shanty di Single Barunya

Harapan bahwa hati ini bisa Move On dan menata kembali hati, dan hidup dengan terus berjalan dan belajar dari pengalaman lalu. Semua dilakukan untuk mencari Cinta Sejati, yang bisa tahan akan segala cobaan dan tak lekang oleh waktu.

Foto: Dok. Pri. Base Jam

Sebagai informasi, Base Jam lahir diawali sebagai band peserta kompetisi festival, pengisi acara sekolah dan cafe selama dua tahun pertama. Kemudian di tahun 1996 merilis album perdana berjudul Bermimpi dengan hits single Bermimpi, dan menerima sambutan yang sangat positif dari para pendengar musik Indonesia.

Setelah melewati segala rintangan dalam pergantian personil, dari band major label ke indie label (self-produced), naik-turun perjalanan karir, kini di 2024, band ini dimotori oleh enam personil yaitu: Oni & Aris pada gitar, Sigit dan Alvin pada vocal, Sita pada bass dan Alsa pada drum. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here