Nowela Mikhelia Ceritakan Trauma Masa Lalu di Single Terbarunya

Nowela Mikhelia, penyanyi jebolan Indonesian Idol musim kedelapan, baru saja meluncurkan single terbarunya. Nowela mengawali tahun 2024 ini dengan merilis lagu bertajuk Bertahan.

Lagu Bertahan ini teramat spesial, karena mempertontonkan pemandangan indah Taman Nasional Baluran. Tak sampai di situ saja, Nowela Mikhelia juga menyiapkan secara khusus pakaian yang dikenakannya saat syuting video klip

“Dipakainya dress cantik buatan Ivan Gunawan di video musik ini, adalah sebagai sebuah lambang Nowela yang bertahan melalui proses panjang dalam penerimaan diri,” kata Nowela Mikhelia.

Sementara lagu Bertahan, dibuat Nowela berdasarkan pengalaman pribadinya. Lagu Bertahan menjadi semacam ungkapan hatinya atas hal-hal berat yang terjadi sepanjang hidupnya, mulai dari perlakuan berbeda di masa lalu, penolakan terhadap dirinya di masa kecil, hingga depresi yang sang penyanyi alami dua tahun lalu.

“Saya rasa tiap orang pernah ada di titik buntu hingga susah untuk menatap ke depan. Lagu ini memang terbuat dari luka hati tapi kemudian dibalut dengan setitik harapan dan keyakinan akan harapan di ujung jalan dari tiap tantangan hidup,” kata penyanyi berusia 36 tahun itu.

“Dimana waktu kecil aku sering di-bully karena kulit hitam, rambut keriting, sehingga merubah banyak mindset aku dan mempercayai kalau aku itu hitam, keriting, dan jelek,” cerita Nowela lagi.

Baca Juga: Cerita Nowela ‘Bertahan’ di Taman Nasional Baluran

Lagu Bertahan ditulis oleh Nowela bersama solois Kaleb J dan Belanegara Abe yang juga bertindak sebagai produser.

Selain itu, Nowela juga menggandeng Irvnat yang berperan produser vokal dan direktur, Ogi Lucas sebagai recording engineer di Passion Vibe Compound Jakarta, Hery Alesis sebagai editor vokal, mixing oleh Ano Stevano dan mastering oleh Dimas Pradipta.

Meski berangkat dari kisah pilu tentang masa lalunya, dalam lagu Bertahan, Nowela juga ingin menyampaikan pesan positif kepada para pendengarnya.

Baca Juga: Gembul Banget! Ini Potret Anak Pertama Regina ‘Indonesian Idol’

Nowela pun berpesan dan berharap di lagu ini para penikmat musik di Indonesia dapat memiliki harapan untuk terus bertahan di masa-masa sulit hidup ini.

“Dan lagu Bertahan dapat menjadi sebuah suara dan apresiasi buat mereka yang sudah bertahan hingga hari ini,” pungkas Nowela. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here