Usia 61 Tahun Tetap Bugar, Intip Kebiasaan Sehat Dave Pascoe

Kebiasaan sehat Dave Pascoe di usia 61 tahun tapi tetap bugar. (Foto: Dave Pascoe/New York Post)
Kebiasaan sehat Dave Pascoe di usia 61 tahun tapi tetap bugar. (Foto: Dave Pascoe/New York Post)

Gaya hidup sehat membentuk tubuh tetap bugar. Nampaknya prinsip itu yang dijalankan oleh Dave Pascoe dalam kesehariannya. Pria asal Michigan, Amerika Serikat, berusia 61 tahun itu justru terlihat seperti 38 tahun.

Dave Pascoe yang seorang pensiunan insinyur jaringan keamanan itu seolah menunjukkan bahwa umur hanyalah angka. Tubuhnya tidak nampak tua seperti layaknya seorang pensiunan. Tubuhnya terlihat jauh lebih muda.

Pascoe adalah seorang biohacker. Yaitu, sebuah istilah yang merujuk kepada orang yang menerapkan seni dan ilmu dalam meningkatkan kemampuan tubuh serta sistem saraf agar berfungsi secara optimal, cerdas, dan efisien.

| Baca Juga: 5 Tips Diet Cinta Laura, Tetap Sehat dan Nggak Menyiksa

Tip dan trik yang digunakannya bahkan mungkin bisa memperpanjang umur seseorang. Dikutip dari nypost.com, Pascoe mengklaim bahwa ia mengonsumsi 158 suplemen per hari. Itu dilakukan agar kesehatannya selalu prima. Dia tidak ingin masa kesehatannya melemah atau berakhir mendahului usianya.

Dave Pascoe rutin berolahraga untuk menjaga pola hidup sehat. (Foto: Dok. NYP)
Dave Pascoe rutin berolahraga untuk menjaga pola hidup sehat. (Foto: Dok. NYP)

Bahkan, Pascoe berharap agar hidup setidaknya hingga usia 95 tahun dalam kondisi baik. Syukur-syukur bisa melewati usia 110 tahun. Lalu bagaimana kebiasaan sehat Pascoe?

Pria lajang itu menyebut, dia bangun tidur secara alami, tanpa perlu menyetel jam alarm. Biasanya, jam bangun tidur Pascoe itu terjadi sebelum matahari terbit. Dia lalu memulai rutinitas pagi dengan berolahraga. Yaitu, dimulai dengan peregangan lantai selama 15 menit dan lima menit di trampolin mini.

Setelah itu, Pascoe membersihkan gigi. Satu jam kemudian, dia mengonsumsi 82 ​​suplemen pagi, termasuk kalsium-D-glukarat dan pil vitamin D3. Baru setelah itu, Pascoe mencari paparan sinar matahari. Dia keluar rumah untuk berjalan cepat atau berlari.

| Baca Juga: Kulit Putih tak Selalu Sehat. Ini Parameter yang Penting! 

Pascoe juga punya jadwal latihan P90X yang kuat. Yaitu, program latihan kebugaran terstruktur yang berfokus pada latihan ketahanan dan beban. Dia kemudian bersantai dengan melakukan schvitz (mandi uap agar berkeringat) di sauna dan melakukan meditasi hingga 45 menit.

Adapun untuk asupan makan, Pascoe mengonsumsi suplemen olahraga sebelum sarapan. Menu sarapannya adalah satu buah pisang hijau dan semangkuk buah beri dan kacang chia. Pascoe jarang makan siang. Namun dia makan malam antara jam 3-5 sore.

Meski terkesan berat, namun Pascoe fleksibel dengan rutinitasnya. Jika ada sesuatu
yang mengganggu pelaksanaan satu atau lebih rutinitas tersebut, kata Pascoe, dia tidak stres. Walaupun disiplin adalah hal baik, namun bagi Pascoe beberapa hal terbaik dalam hidup justru terjadi secara spontan.

Nah, untuk mendukung penampilan awet mudanya, Pascoe menggunakan serum dan krim kulit pada wajah. Serum dan krim tersebut diaplikasikan sebelum mengonsumsi dua sendok peptida kolagen, yakni sumber protein serbaguna dan menjadi elemen penting dalam nutrisi sehat.

| Baca Juga: Tips Awet Muda dan Hidup Sehat Poppy Dharsono

Meski terkesan mahal, namun Pascoe mengaku minatnya terhadap biohacking tidak menguras kantong. Sebab, ia hanya mengeluarkan biaya USD 30 ribu per tahun untuk semua suplemen dan produk perawatan kulitnya. Jika dirupiahkan, nilainya setara dengan Rp 486 juta.

Bryan Johnson yang menerapkan kebiasaan sehat seperti Dave Pascoe. (Foto: Dok. New York Post)
Bryan Johnson yang menerapkan kebiasaan sehat seperti Dave Pascoe. (Foto: Dok. New York Post)

Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibanding Bryan Johnson, yang juga menerapkan kebiasaan sehat seperti Pascoe. Laki-laki yang beritanya hangat baru-baru ini tersebut mengaku menghabiskan USD 2 juta setiap tahun untuk menjadi tetap muda.

Laki-laki asal Amerika berusia 46 tahun itu sesumbar memiliki jantung seorang pria berusia 37 tahun, kulit seorang pria berusia 28 tahun, dan kapasitas paru-paru serta kebugaran seorang pria berusia 18 tahun. (puj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here