Mengenal Prosesi Pernikahan Adat Sunda Citra Kirana dan Rezky Adhitya

Pernikahan Citra Kirana
Foto: Dok. Instagram Citra Kirana

Jika sekarang ini orang-orang lebih memilih pernikahan tematik bergaya modern. Maka lain halnya dengan prosesi pernikahan Citra Kirana dan Rezky Adhitya, yang berlangsung pada hari Minggu (1/12) kemarin.

Pasangan pesinetron ini memilih adat Sunda. Serangkaian upacara dan prosesi pun dilewati. Citra Kirana atau yang akrab disapa Ciki, baru saja berbagi momen-momen tersebut di Instagram-nya. Penasaran apa saja prosesinya?

1. Sungkeman

Pernikahan Citra Kirana
Foto: Dok. Instagram Citra Kirana

Diawali dengan prosesi sungkeman, Ciki dan Rezky secara bergantian bersimpuh memohon ampun dan mencium tangan kedua orangtua mereka. Suasana haru tiada terbendung. Namun Ciki berusaha menahan air matanya.

| Baca juga: Citra Kirana dan Rezky Adhitya Makin Lengket di Malam Pertama

Ini aku sama masky minta ampun sama kedua orang tua..momenttt sediihh bangeett…tapi aku udh bisa tahan nangis disini , karna udah aku abisin di pengajian dan siraman kemarin..minta ampun sama mama papa , ibu dan juga bapak. Disini aku bisikin mama “maah…jangan nangiss yaaa nanti makeup nya luntur” (walaupun sebenernyaa udah ga tahan sedih campur bahagiaa..mata udh berkaca2 shayy!),” tulis Ciki dalam caption.

2. Saweran

Pernikahan Citra Kirana
Foto: Dok. Instagram Citra Kirana

Saweran sejatinya berasal dari kata penyaweran, yang dalam bahasa Sunda artinya tempat jatuhnya air dari atap rumah. Prosesi ini memiliki makna berbagi rezeki dan kebahagiaan.

| Baca juga: Kakak Citra Kirana Ajukan Satu Permintaan untuk Rezky Adhitya

Ciki dan Rezky duduk berdampingan di bawah payung. Sementara saweran dilakukan oleh orangtua, dengan diiringi kidung atau nyanyian.

SAWERAN hihi…ini paling seru sihh kayanya sodara2 sama temen2 langsung pada maju kedepan.. anyway karna aku anak terakhir , jadi aku ada tambahan uang saweran yg aku minta dari kakak2 om dan tante.. namanya kan**t kundang (orang sunda pasti ngertiii hahahaha). Sebelum sawer ada pantun sawer yang di nyanyiin..pantun mengandung petuah utusan orang tua pengantin wanita,” tulis Ciki.

3. Meleum Harupat

Pernikahan Citra Kirana
Foto: Dok. Instagram Citra Kirana

Meuleum artinya membakar. Sedangkan harupat adalah bagian dari tumbuhan aren. Karakteristik harupat yang mudah terbakar dan patah, diartikan sebagai sifat manusia yang mudah marah.

| Baca juga: Gemas! Ini Foto Prewed Citra Kirana dan Rezky Aditya yang Playful

Dalam prosesi ini Rezky memegang batang harupat. Sementara Ciki membakarnya dengan lilin. Harupat yang telah terbakar tadi kemudian dimasukkan ke kendi yang di pegang oleh Ciki. Lalu diangkat kembali, dipatahkan dan dibuang jauh-jauh.

Meleum harupat melambangkan nasihat untuk kedua mempelai agar selalu bersama-sama dan menyelesaikan permasalahan rumah tangga.

4. Nincak Endog

Pernikahan Citra Kirana
Foto: Dok. Instagram Citra Kirana

Dalam bahasa Indonesia, nincak endog berarti menginjak telur. Kaki kanan Rezky menginjak telur ayam kampung mentah. Kemudian Ciki membasuhnya dengan menggunakan air dari dalam kendi.

| Baca juga: Citra Kirana Tak Lupa Undang Mantan Pacar di Pernikahannya

Prosesi ini memiliki makna kemampuan mempelai lelaki dalam memberi keturunan. Serta mempelai wanita yang senantiasa melayani dan mengabdi pada suami.

Pernikahan Citra Kirana
Foto: Dok. Instagram Citra Kirana

Usai sudah segala prosesi dilewati. Ciki dan Rezky berjalan bak raja dan ratu, diiringi tarian dan musik khas Sunda. Rona bahagia nampak jelas di wajah keduanya.

Melewati semua prosesi adat yang begitu cantiiiikk menurutku…dengan tarian dan musik yang nyunda bangett…terharu jugaa sihh saat jalan di tengah2 berdua sama masky..di dampingin sama teteh2 dan aa2 lalu di liatin sama semua tamu yang dateng… ya Allah kenapa moment ini bener2 bikin grogi banget ya!! We are so happy,” pungkas Ciki. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here