Tawa dan Haru dalam Latihan Upacara Adat Pernikahan Baim Wong

0
1024
Foto: Dok. Instagram Paula Verhoeven

Kurang dari dua minggu lagi, pernikahan Baim Wong dan Paula Verhoeven akan digelar. Beragam persiapan pun telah dilakukan, untuk menyambut hari bahagia itu.

Sebagai contoh, persiapan yang dibagikan di kanal YouTube Baim Paula. Terlihat pasangan ini sedang melakukan latihan untuk prosesi adat pernikahan Solo, Jawa Tengah.

Baca juga: Rina Nose Kembali Disindir Soal Agama Hanya Karena Unggahan

“Sekarang kita mau latihan upacara adat, proses temu panggih. Berhubung aku orang Jawa, jadi kita pakai adat Jawa,” kata Paula di pembuka video, yang diunggah pada Sabtu (3/11) lalu.

Proses latihan dimulai dari mempelajari Bobot Timbang, dimana seorang Ayah akan memangku kedua mempelai. Filosofinya yaitu tidak membeda-bedakan antara anak dan menantu.

Baca juga: Keponakan Bicara Soal Meghan Markle yang Dimusuhi Keluarganya

Baim yang dikenal suka bercanda, membuat proses latihan tersebut menjadi penuh gelak tawa. Senyum sumringah tak henti-hentinya tergambar dari wajah Baim maupun Paula.

Hingga pada sesi latihan dimana Paula harus membasuh kaki Baim, tangis haru Paula mendadak pecah. Melihat pemandangan tersebut, Baim pun mencoba untuk menghibur sang kekasih.

Baca juga: Krisdayanti Sampaikan Doanya Untuk Ashanty yang Berulang Tahun

Prosesi kemudian dilanjutkan dengan menuang beras kuning, kacang-kacangan dan uang. Hal ini memiliki filosofi sebagai simbol suami yang memberikan nafkah pada istrinya.

“Kalau saya kasih duitnya segini gimana?” tanya Baim seraya bercanda.

Baca juga: 8 Potret Mesra Daus Mini dan Pacar Barunya, Siap Nikah?

Lantas Paula pun segera menjawab. “Eh duit suami itu duit istri semua sayang,” jawabnya sambil tertawa.

Selain prosesi tersebut, masih ada tradisi saling menyuapi dan minum teh bersama. Hingga di akhir, latihan ditutup oleh tradisi sungkeman ke orang tua.

Baca juga: Maia Estianty Ungkap Perbedaan Usianya dengan Suami

Di akhir latihan untuk upacara adat, Baim serta Paula meminta doa, untuk kelancaran acara pernikahan mereka nantinya.

Video berdurasi sepuluh menit 18 detik itu, diakhiri dengan meeting bersama Wedding Organizer dan Kakak Baim. (*)