Alasan Opick Jadi yang Terdepan untuk Kompetisi Seni Golok Indonesia

0
443
Pernyataan Opick
Foto: Noe/Tabloid Nyata

Selain musik dan berdakwah, rupanya Opick juga sangat senang dengan seni bela diri. Wajar memang, sewaktu muda, Opick kerap mencoba berbagai macam seni bela diri.

Namun pilihannya kini jatuh kepada pencak silat. Bahkan, Opick membuat perkumpulan Seni Golok Indonesia. Karena kecintaan kepada seni bermain golok–yang merupakan salah satu jurus dalam pencak silat, Opick akhirnya menggelar kompetisi seni bermain golok.

”Saya suka bela diri sejak kecil. Sering pindah-pindah perguruan juga. Nah, goals dari turnamen ini, kita mencoba mengangkat budaya dan keindahan gerak, dan semua gerak ada filosofinya. Anak muda bisa belajar seni bela diri, dan bisa menjaga keluarga, kampung dan negaranya,” ujar Opick saat ditemui di kawasan Depok, Jawa barat, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Wow! Opick Akui Dirinya Adalah Ikon Poligami

Kompetisi Seni Golok Indonesia tersebut, dihadiri 120 perguruan dari 15 provinsi. Menurut Opick, tujuan dari acara ini adalah murni untuk kembali memperkenalkan pencak silat kepada anak muda Indonesia.

Opick pun didaulat sebagai Ketua Umum Seni Golok Indonesia. Diakui Opick, telah cukup lama ia gemar mengoleksi golok. Tak hanya golok, Opick juga mengumpulkan beberapa senjata tradisional lainnya.

”Di rumah saya banyak senjata dan golok. Saya dan teman-teman telah mengumpulkan, sekarang masih tahap untuk mengumpulkan berbagai senjata, khususnya tradisional di seluruh Indonesia,” ucap Opick.

Baca juga: Keponakan Bicara Soal Meghan Markle yang Dimusuhi Keluarganya

Rupanya bukan hanya gemar mengoleksi senjata tradisonal saja, ke depannya Opick ingin membuat museum senjata tradisonal.

”Pokoknya budaya ini harus terus bertahan. Lihat, Majapahit segitu besar, sekarang mati. Tapi, budayanya tetap hidup. Makanya senjata tradisional perlu direkam, silatnya juga, agar jadi warisan anak cucu di masa depan,” beber Opick. (*)