5 Fakta Jatuhnya Pesawat Kargo Smart Air. Pilot Ditemukan Selamat!

Illustrasi. Foto: Dok. Detik

Baru-baru ini publik dikejutkan dengan hilangnya pesawat kargo Smart Air di wilayah Nunukan, Kalimantan Utara. Sampai saat ini, proses evakuasi pesawat Smart Air masih terus dilakukan. Beberapa fakta baru terungkap selama proses pencarian berlangsung. Baca selengkapnya sebagai berikut.

1. Usaha TNI AU
Pesawat Smart Air yang diawaki 1 pilot dan 1 teknisi itu, diduga jatuh menghantam Bukit Narif di sekitar Krayan Tengah, Jumat (8/3) lalu. Diketahui pesawat tersebut mengangkut sembako.

Untuk melakukan pencarian pesawat Smart Air, TNI AU mengerahkan pesawat Boeing 737-200 dari Lanud Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan.

| Baca Juga: Aktor Christian Oliver dan Putrinya Meninggal Kecelakaan Pesawat

2. Pencarian di 3 Titik Lokasi
Pesawat Smart Air diduga jatuh di Nunukan, Kalimantan Utara. Oleh sebab itu, pihak berwajib telah menentukan tiga lokasi yang menjadi fokus pencarian.

“Lokasi pencarian: 3°37’34.58″N 116°24’51.46″E (Lokasi Spider), lokasi 3°44’10.00″N 115°50’53.58″E (LUT Singapura), lokasi 3°44’9.10″N 115°55’45.36″ (LUT Australia),” ujar Kabis Humas Polda Kalimantan Utara Kombes Budi Rachmad kepada Detik.com.

3. Libatkan 2 Helikopter untuk Pencarian
Selain mengarahkan pesawat Boeing 737-200, personel gabungan TNI-Polri juga menyiapkan peralatam alusista lain yang menunjang proses pencarian.

“Sarana yang dikerahkan, Rescue Car Dmax, Fix Wing 3 Unit (PK-SNO, PK-SNG, PK-VVU), Heli Bell BKO Koopsdam VI/Mlw, Heli Rapeling 5 set, Alkom, Halmatro Rescue Cuting,” ucap Kombes Budi Rachmad.

4. Ditemukannya Sinyal dari Pesawat Smart Air
Sinyal long term evolution (LTE) pesawat Smart Air dikabarkan telah ditemukan di dekat wilayah Binuang. Dengan ditemukannya sinyal tersebut, kemungkinan lokasi jatuhnya pesawat akan segera diketahui. Apalagi, ada saksi dari warga sekitar yang medengar suara pohon jatuh, yang diduga adalah suara benturan pesawat Smart Air.

“Area tempuhnya itu di lokasi di koordinat yang ditemukan sinyal LTE di dekat wilayah Binuang,” ujar Kepala Kantor Tarakan Syahril, Sabtu (9/3) lalu.

| Baca Juga: Horor! Video Pesawat dengan 400 Penumpang Tersambar Petir

5. Penemuan Pesawat
Proses pencarian akhirnya membuahkan hasil. Pesawat kargo Smart Air ditemukan di wilayah Nunukan, Kalimantan Utara, dengan seorang pilot ditemukan selamat sementara lainnya, satu mekanik meninggal dunia.

Kedua korban telah dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Jusuf SK. Sang pilot mengalami luka di bagian kepala, sementara jeazah mekanik, saat ini sudah berada di rumah sakit. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here