Sukses Digelar, New York Indonesia Fashion Week 2022 Dongkrak Pamor Desainer Tanah Air

Foto: Dok. New York Indonesia Fashion Week/Nyata

New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) sukses digelar pada 11 September waktu setempat atau 12 September waktu Indonesia. Diproduseri oleh Vanny Tousignant, terdapat tujuh designer dari Indonesia, dua designer Diaspora Indonesia dari USA, dan satu designer dari Italia yang bergabung di acara tersebut.

Adapun designer yang bergabung adalah Zuebarqa by Benz (Bandung), Evoy Production (Bandung), Batik Siger (Lampung), Sulam Jelujur (Lampung), Gee Batik (Jogja), Sakamade Boutique (Jogja), Michelle Hadip (designer cilik Jakarta), Merry Salmeri (New York, USA), Dewi Maya (South Carolina, USA) dan Stilista Berhoni Zigrida (Italy).

Foto: Dok. New York Indonesia Fashion Week/Nyata

|Baca Juga: Hikmat Salih Ahmed, Desainer yang Terinspirasi dari Arsitektur Inggris Abad 1485-1603

Perhelatan fashion bergengsi kali ini diadakan di kawasan 48 Wall Street New York, NY 10043. Times Square pun menjadi saksi keberhasilan acara tersebut.

“Bersyukur kembali, acara New York Indonesia Fashion Week bisa dilanjutkan. Designer yang dipilih tentu yang sudah punya pengalaman supaya tahu bagaimana mengelola run way dan back stage. Sebelumnya kita juga seleksi dulu koleksinya, kita nggak mau bawa baju yang buka-bukaan,” ujar Vanny ketika dihubungi Senin, (3/9) lalu.

30 tahun lebih tinggal di New York, Vanny tak mau mencoreng nama Indonesia dengan tetap menonjolkan budaya timur melalui fashion. “Karena ada nama Indonesia di New York Indonesia Fashion Week itu yang harus kita jaga,” paparnya.

Acara ini dihelat berbarengan dengan New York Fashion Week sehingga suasana keriuhan acarapun terasa kental. “Tujuan kita satu, designer dari Indonesia akan dipertemukan dengan designer di luar yang titik poinnya di New York,” tegasnya.

Para desainer Indonesia ini berkolaborasi menampilkan karya-karya terbaiknya di hadapan publik dunia. Tahun ini NYIFW mengangkat tema destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Foto: Dok. New York Indonesia Fashion Week/Instagram

Salah satu desainer Indonesia yang hadir dalam acara NYIFW 2022 itu adalah Sugeng Waskito. Sugeng Waskito membawa koleksinya dari Gee Batik dengan menampilkan mahakarya Candi Borobudur dalam setiap desainnya.

“Saya menampilkan 13 outfit dengan tema Candi Borobudur. Kenapa? Karena Candi Borobudur terkenal di Indonesia dan salah satu keajaiban di Indonesia,” kata Sugeng Waskito kepada InsertLive.

|Baca Juga: Viva Cosmetics Sukses Dukung Industri Kreatif di Kancah Internasional

Lebih lanjut, Sugeng Waskito menjelaskan proses pembuatan batik berpola Candi Borobudur yang dibawanya ke ajang NYIFW 2022.

“Karena membatik, kan, tidak mudah, ada prosesnya yang lama kira-kira 3 bulan persiapannya. Jadi kalau batik, awalnya dibikin pola dulu, baru dibikin batik Candi Borobudurnya,” imbuhnya.

Sugeng Waskito berharap agar para desainer Indonesia yang lain bisa tampil di kancah dunia internasional.

“Saya bangga sekali tampil di New York Indonesia Fashion Week 2022. Harapan saya agar desainer Indonesia bisa tampil di kancah dunia internasional,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here