101 Manfaat Baking Soda yang Jarang Diketahui. Wajib Dicatet Nih!

manfaat-baking-soda-1
Foto: Net

Baking soda untuk mengempukkan daging, pengembang kue dan pembersih kerak sudah biasa. Tahu nggak sih kalau baking soda punya manfaat lain. Coba manfaatkan baking soda untuk memperkuat dan memperbaiki tampilan makanan. Berikut ini caranya:

PASTA GURIH

pasta-manfaat-baking-soda
Foto: Serious Eats

Tuangkan dua sendok teh baking soda dalam 1 liter air saat merebus pasta (spaghetti, fettucini dan lain-lain). Saat matang rasa pasta terasa lebih gurih. Teksturnya juga lebih lembut mirip ramen.

UDANG LEBIH MANIS

manfaat-baking-soda-manis-udang
Manfaat baking soda: membuat udang lebih manis. Foto: Will Cook For Smile

Untuk menjaga tekstur udang tetap lembut, juicy dan rasanya lebih manis, gunakan baking soda sebagai bumbu perendam. Caranya, campur 1 sdt garam dan 1/4 sdt baking soda. Gunakan untuk melumuri udang. Kemudian diamkan selama 15 menit dalam lemari es. Udang siap untuk diolah.

KACANG CEPAT LUNAK

Tambahkan baking soda saat merebus kacang-kacangan. Cara ini membuat kacang cepat empuk. Aroma langu khas kacang juga hilang. Perbandingan jumlah bahannya 1 cangkir kacang: 1 sdt baking soda: 6 cangkir air.

Baca juga: Tips Diet Ala Idol K-Pop. Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Puluhan Kilogram!

SAYUR TETAP HIJAU

Supaya warna brokoli, buncis, bayam dan sayuran hijau lain tetap segar. Teksturnya juga renyah, tambahkan baking soda saat merebus. Setelah matang, siram sayuran dengan air es atau air matang dingin agar proses pematangan berhenti

MENGURANGI RASA ASAM

Netralkan masakan yang terlalu asam dengan menambahkan baking soda. Cukup tuang 1/2 sendok teh dalam masakan berkuah atau saus yang asam sebanyak satu liter. Aduk rata, didihkan sebentar.

Baca juga: 5 Tips Bersihkan Stiker Label dari Wadah Kaca. Dijamin Langsung Kinclong!

GORENGAN LEBIH KRISPI

Fried Chicken and French Fries on Black Cement Floor.
Foto: Bukalapak

Menambahkan larutan baking soda ke dalam adonan tepung bisa membuat gorengan lebih krispi. Caranya, buat larutan dari campuran 1/2 sdt baking soda dan 50 ml air dingin. Aduk sebentar, jangan sampai keluar gelembung udaranya agar tak merusak fungsi baking soda. Campurkan larutan ini ke dalam adonan tepung. Gunakan untuk celupan aneka bahan sebelum digoreng.

Masih banyak tips lain yang bisa kalian tengok di Tabloid Nyata. Mulai dari cara mudah mengupas telur hingga rahasia agar kulit dimsum lebih lembut. Penasaran? Baca ulasan selengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2616 terbit Kamis, 9 September 2021. Dapatkan Tabloid Nyata di:

Surabaya:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Official

Jakarta:
ShopeeTokopedia: Nyata Store Jakarta

Untuk berlangganan: 082131583223
Happy Reading 😉

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here