9 Artis Indonesia Ini Saja Peduli Lingkungan, Masa Kamu Enggak?

0
53
artis-peduli-lingkungan
Foto: Dok Instagram Richard Kyle; Hamish Daud; Nadine Chandrawinata; Joe Taslim

Menjaga keragaman hayati dan kekayaan alam Indonesia, sepatutnya sudah menjadi kewajiban kita semua. Namun kian hari kian banyak pula kerusakan alam akibat ulah manusia. Hal ini menggunggah kesadaran sejumlah artis untuk mengampanyekan gerakan peduli lingkungan.

Mulai dari Hamish Daud, Nadine Chandrawinata hingga Tulus sudah berkomitmen untuk terus menyuarakan pentingnya bersahabat dengan alam. Seperti apa peran mereka?

1. Hamish Daud

View this post on Instagram

A post shared by Hamish Daud Wyllie (@hamishdw) on

Tak ada yang bisa mengalahkan rasa cintaku untuk lautan. Kami melindungi apa yang kami cintai, jadi di samping menikmati keindahan laut seperti caraku, aku ingin memastikan cucuku bisa memiliki pengalaman yang sama,” tulis Hamish mengiringi foto tersebut.

Hamish memang sudah terkenal dengan keterlibatannya dalam berbagai proyek konservasi laut. Untuk itu, Hamish jadi salah satu pendiri dari organisasi Indonesian Ocean Pride. 

2. Chicco Jerikho

Sebagai salah satu publik figur, Chicco ingin memberikan sumbangsihnya terhadap lingkungan. Chicco bersama WWF (World Wildlife Fund) Indonesia, tanpa lelah menyuarakan pentingnya konservasi gajah, yang populasinya sudah semakin tergerus.

Populasi gajah yang sekarang Critically endangered masih aja terancam dengan masalah tambang batubara… Save gajah Bengkulu Utara Save Taman Wisata Alam Seblat! Tolak tambang batubara PT Inmas Abadi di Bentang Alam Seblat! SAVE HUTAN SUMATERA,” tulis Chicco.

3. Nadine Chandrawinata

View this post on Instagram

A post shared by Nadine Chandrawinata (@nadinelist) on

“Menebar virus ramah lingkungan.” Itulah misi mulia dari gerakan Seas Soldiar yang diinisiasi oleh Nadine Chandrawinata dan temannya, Dini sejak 25 Maret 2015 lalu.

Melalui gerakan ini mereka ingin menyebarkan virus ramah lingkungan melalui media sosial, kepada masyarakat.

4. Richard Kyle

View this post on Instagram

A post shared by R I C H A R D K Y L E (@richo_kyle) on

Tak hanya tampan, Richard juga memiliki kepedulian tinggi akan kelangsungan hidup orang utan. Ia tak henti-hentinya mengampanyekan dan mendukung pembebasan orang utan ke alam liar.

5. Joe Taslim

View this post on Instagram

A post shared by J🍩TA (@joe_taslim) on

Sedihnya, hewan yang cantik ini terancam kehilangan habitat dan makanan, serta konflik dengan manusia. sebagai hasilnya, Cheetah masuk dalam klasifikasi hewan yang terancam punah di daftar merah IUCN. Dan hari ini, sekitar 9.000-12.000 ekor tersisa di Afrika. #cheetahoutreach,” tulis Joe.

Tak hanya itu, pemain film Fast & Furious 6 (2013) ini juga bergabung dengan WWF Indonesia dan aktif melakukan kampanye cinta lingkungan.

6. Nugie

View this post on Instagram

A post shared by nugietrilogy (@nugietrilogy) on

Kecintaan Nugie akan kelestarian lingkungan, membawanya menjadi seorang aktivis sejak 1988. Kepedulian terhadap lingkungan ini, sudah dipupuk sejak kecil.

Mendiang ayahnya, A.R Djuano membiasakan Nugie untuk melakukan hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan. Kini ia juga sudah menjalankan gaya hidup yang ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik hingga membawa tas belanja sendiri.

7. Arifin Putra

View this post on Instagram

A post shared by Arifin Putra (@arifinputra_) on

Sebagai duta WWF, Arifin sudah pergi ke berbagai daerah untuk mengampanyekan program pelestarian hewan liar. Salah satunya berpartisipasi dalam program konservasi gajah di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Riau.

8. Tasya Kamila

View this post on Instagram

A post shared by Tasya Kamila (@tasyakamila) on

Bukan hanya memiliki bakat menyanyi, Tasya juga punya kepedulian sosial dan lingkungan yang tinggi. Terbukti, ia pernah membuat proyek Energy Empowered Village.

Proyek ini menyasar Desa Tanggedu, Kabupaten Sumba Timur menjadi desa yang mandiri energi. Tasya bersama timnya membangun fasilitas pemrosesan biodiesel skala kecil, yang memanfaatkan tanaman jarak.

Hal ini dilakukan supaya para penduduk bisa memproduksi bahan bakar yang ramah lingkungan.

9. Tulus

View this post on Instagram

A post shared by Tulus (@tulusm) on

Tulus menginisiasi gerakan Teman Gajah untuk meningkatkan pelestarian hewan yang kerap diburu untuk diambil gadingnya ini. Bersama Teman Gajah, Tulus memberikan sejumlah kalung pendeteksi lokasi gajah yang diberikan kepada beberapa taman konservasi di Sumatra.

Dengan adanya kalung ini, diharapkan bisa meminimalisir kemungkinan gajah masuk ke daerah konflik yang membahayakan.

Nah, itu dia sederet artis yang memiliki jiwa peduli lingkungan tinggi. Mereka saja sudah cinta lingkungan, masa kalian tidak? (*)