Nugie Ajari Anak Gaya Hidup Hijau

0
106
Ikuti kegiatan edukasi lingkungan di Taman Flora, Kebun Bibit, Bratang

Sejak didaulat menjadi Duta Lingkungan Hidup Indonesia, Agustinus Gusti Nugroho atau akrab disapa Nugie aktif terlibat beragam kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan.

Nugie juga sudah mengajarkan kedua anaknya mencintai lingkungan sejak dini. “Setiap sore atau subuh-subuh, saya ajak anak-anak  bersepeda di sekitar rumah.  Rumah saya kan di daerah Bintaro tuh, di sana masih banyak pohon-pohon.  Mereka bisa melihat bila ada aktivitas yang tidak ramah lingkungan.  Kamipun berdiskusi tentang tindakan ramah lingkungan yang benar,” kata Nugie saat ditemui di bilangan Cilandak, Jakarta, Rabu (2/12).

Menurut Nugie, anak-anaknya lebih menikmati jika dibawa ke alam dari pada  diajak ke taman wahana bermain atau mal.

Gaya hidup ’hijau’ pun dikenalkan Nugie pada putra-putrinya, seperti selalu membawa bekal air minum dari rumah menggunakan botol minum daripada membeli air kemasan, menghindari bungkus plastik dengan memilih kardus bekas saat belanja bulanan.

“Saya ajari mereka membawa barang-barang yang ramah lingkungan. Sekarang anak saya juga sudah mulai kritis, semisal  kalau ada orang buang sampah sembarangan atau sungai kotor. Itu membuat saya sangat bangga,” terang  ayah dari  Arkazora Nugraha (8) dan Brigita Nikaia Nugraha (4) ini.

Hasil pengenalan tersebut tidaklah sia-sia, Nugie mengatakan, anak pertamanya yang kini duduk di bangku kelas 3 SD menjadi teladan bagi teman-temannya untuk hidup ramah lingkungan.

”Sekarang dia ke mana-mana bawa bekal botol minum, dan selalu mengantungi sampah kalau tidak menemukan tempat sampah. Itu dicontoh sama teman-temannya. Saya tanya, mas kamu nggak malu kan? Dia bilang, nggak. Saya nasihati anak-anak untuk tidak takut menjadi beda asal benar,” ujar Nugie.

Nugie pun menginginkan anak-anaknya kelak menjadi aktivis lingkungan seperti dirinya.” *omi/dro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here