BTS Diizinkan Manggung Meski Wajib Militer

bts-wajib-militer
Dok. Getty Images

Kabar Bahagia buat ARMY! BTS mungkin masih diizinkan tampil saat menjalankan wajib militer (wamil) mereka di Korea Selatan, kata menteri pertahanan negara itu.

Mengikuti wajib militer adalah agenda pemerintah Korea Selatan untuk warganya yang berusia kurang dari 28 tahun, semenjak beberapa dekade lalu perang dengan Korea Utara. Pria-pria KorSel yang sehat harus mengabdi setidaknya 18 bulan.

Sebelumnya, pada tahun 2020, pengecualian sudah dibuat anggota BTS. Mereka bisa menunda wajib militernya hingga usia 30 tahun, yang berarti anggota BTS tertua, Jin yang berusia 29 tahun, harusnya sudah mendaftar wamil akhir tahun ini.

Dok. Getty Images

| Baca juga: Yoo Jae Seok Banjir Kritikan Setelah Ketahuan Parkir di Area Penyandang Disabilitas

Senin (1/8), menteri pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup sedang menggodok sejumlah opsi untuk dinas militer BTS.

“(Anggota BTS) harus datang ke akademi militer. Namun, saya percaya akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih serta memungkinkan mereka untuk meninggalkan negara dan tampil kapan saja jika mereka memiliki jadwal konser di luar negeri,” katanya.

“Karena banyaknya orang yang sangat menghargai BTS mengabdi di militer, itu dapat membantu meningkatkan popularitas mereka lebih banyak lagi.”

| Baca juga: Penampilan Jang Na Ra Saat Bulan Madu Bikin Pangling!

Pada bulan Mei, Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Hwang Hee memanggil tujuh anggota BTS: Jung Kook, V, Jimin, SUGA, J-Hope, Jin, dan RM, agar dibebaskan dari wajib militer Korea Selatan.

“Saatnya membuat sistem untuk memasukkan tokoh seni budaya populer sebagai personel seni,” katanya kepada Kantor Berita Yonhap.

“Sistem (pengecualian) telah dijalankan untuk mereka yang telah berkontribusi meningkatkan status nasional karena prestasi yang luar biasa memberikan sumbangsih pada negara di bidang seni-budaya populer.” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here