Hati-Hati! Fungal Acne Bisa Dipicu dari Pakaian Olahraga yang Kena Keringat

fungal acne

Antara komedo, komedo putih, jerawat kistik, dan jerawat hormonal, sepertinya ada jenis jerawat lainnya yang akan terus ada seumur hidup. Salah satu yang mungkin kurang dikenal adalah jerawat jamur atau yang populer disebut fungal acne.

Seorang dokter kulit dari Women’s Health Magazine menguraikan tentang jerawat jamur dan cara terbaik untuk mengatasinya. Penasaran? Simak Yuk!

| Baca juga: Ritual Sebelum Tidur Ini Bisa Bikin Kulitmu Bebas Keriput. Cobain Deh!

Jerawat jamur adalah jenis infeksi yang terbentuk di folikel rambut dan disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari ragi yang disebut Malassezia furfur, kata Adele D. Haimovic, MD, dokter kulit bersertifikat dan profesor klinis dermatologi di New York University Langone, Pusat Layanan Kesehatan.

Biasanya fungal acne muncul di area punggung, dada, atau lengan, bahkan wajah kamu, meskipun itu tidak lazim. Sementara Malassezia furfur adalah ragi yang secara alami terjadi pada kulit kita, pertumbuhan berlebih dapat menyebabkan jerawat jamur.

Pertumbuhan berlebih ragi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kelembaban yang terperangkap karena terlalu lama mengenakan pakaian olahraga yang berkeringat, obat-obatan seperti antibiotik, atau tinggal di lingkungan yang hangat dan lembab di mana Anda lebih banyak berkeringat.

| Baca juga: Adu Gaya Kim Kardashian, Nicole Kidman, dan Naomi Campbell di Balenciaga Runway

Jerawat jamur umumnya disalahartikan sebagai jerawat wajah, menurut Dr. Haimovic, karena menghasilkan jerawat yang seragam dan kecil.

Namun, tanda bahwa itu adalah jerawat jamur adalah rasa gatal yang ditimbulkan. “Tidak ada komedo atau kista menyakitkan yang membedakan jerawat jamur dari jerawat wajah klasik, meskipun banyak yang merasa benjolan itu gatal,” jelasnya.

Karena jerawat jamur disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan, kabar baiknya adalah jamur ini merespon dengan baik terhadap perawatan antijamur, yang dapat dibeli tanpa resep atau dengan resep dokter, kata Dr. Haimovic.

| Baca juga: Catet Nih! Hanya 2 Brand Indonesia yang Diundang Resmi di Paris Fashion Week 2022

Carilah bahan-bahan seperti ketoconazole, econazole nitrate, atau clotrimazole. Kamu akan sering menemukan ini di lorong perawatan kaki, karena sering direkomendasikan untuk merawat kaki atlet.

“Seringkali krim anti jamur topikal akan efektif, namun antijamur oral mungkin diperlukan untuk [jerawat] yang lebih persisten,” katanya. Jadi, jika pilihan topikal tidak bekerja untuk kamu, temui dokter kulit kamu untuk mendapatkan resep.

Sampo ketombe yang mengandung seng pyrithione (seperti Head and Shoulders) atau selenium sulfida (seperti Selsun) juga dapat membantu melawan jerawat jamur. Kamu dapat menggunakan ini seperti pembersih pada bagian tubuh yang terkena fungal acne saat kamu mandi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here