5 Gaun Paling Ikonik yang Pernah Dipakai Marilyn Monroe

Foto: Dok. Pinterest

Mendapat julukan Ikon Pop di era 1950 sampai 1960-an, Penampilan Marilyn Monroe semasa hidupnya berhasil memukau jutaan pasang mata. Rambut pendek curly blonde dan gaya busananya yang stylish sudah jadi ciri khas aktris Hollywood itu. Terutama saat tampil di red carpet atau event resmi yang kerap mengundang para selebriti papan atas, Monroe selalu tampil memukau dengan dress yang dipilihnya.

Sebagai ikon, Monroe berhasil meng-influence banyak orang dan membuat busana yang ia kenakan menjadi sebuah trendsetter. Saat ia meninggal pun, banyak peninggalan busananya yang dilelang dan dipajang di museum sebagai bagian dari sejarah. Hal itu erat kaitannya dengan kontribusi Monroe dalam industri hiburan Amerika. Berikut adalah deretan dress ikonik milik Marilyn Monroe:

1. The “The Seven Year Itch” subway dress

Foto: Dok. GettyImages

Pada 15 September 1954, Monroe tiba di stasiun kereta bawah tanah New York sambil mengenakan mini dress berwarna putih. Saat berjalan, dress yang dipakainya terkena angin sepoi-sepoi dan ia terlihat menangkup gaunnya yang terbuka. Gaun koktail sleeveless halter-neck dengan garis leher menjuntai ini disebut dress “The Seven Year Itch subway dress.” Julukan itu tercipta saat ia syuting film The Seven Year Itch di Subway. Gaun ini didesain oleh desainer busana William Travilla dan telah dilelang dengan harga $4.6 Juta atau setara Rp67 miliar.

|Baca Juga: Ngeri! Kim Kardashian Ternyata Menderita Penyakit Kulit Sebelum Kenakan Gaun Marilyn Monroe

2. Gentlemen Prefer Blondes Pink dress

Foto: Dok. Pinterest

Pada 1953 dalam premiere film Gentlemen Prefers Blondes, Monroe tampil mengenakan gaun off-shoulder sambil bernyanyi “Diamonds are Girls’ bestfriend” ditemani para penari latar pria berjas hitam. Monroe menggunakan gaun bustier hot-pink lengkap dengan pita raksasa di bagian belakang, sarung tangan berwarna senada dan memakai satu set perhiasan berlian. Gaun itu dirancang oleh desainer William Travilla. Di era sekarang, gaun tersebut menjadi inspirasi kostum halloween dan ajang untuk recreate di dunia fashion. Terbukti dari Margot Robbie hingga Kylie Jenner sudah pernah memakai kostum yang terinspirasi dari dress tersebut.

3. The Gold Dress

Foto: Dok. GettyImages

Gaun prisket berwarna emas ini juga didesain oleh William Travilla dan muncul dalam film ‘Gentlemen Prefers Blondes’ di tahun 1955. Monroe hanya mengenakan gaun tersebut selama beberapa menit saat syuting, namun karena gaun ini terlihat menawan, Monroe diminta untuk tampil di Photoplay mengenakan gaun itu kembali.

4. The Happy Birthday Mr.President Dress

Pada tahun 1962, Monroe diundang untuk hadir dan bernyanyi di acara ulang tahun Presiden John F. Kennedy di Madison square garden, New York. Gaun yang dirancang oleh Jean Louis itu terbuat dari kain marquisette tipis dan berwarna serasi dengan kulit monroe, dilengkapi dengan 2.500 rhinestones berkilau yang dijahit ke dalamnya. Gaun itu sangat fit pada tubuh Monroe sehingga ia tidak mengenakan apapun dibaliknya. Gaun tersebut dipajang di Museum Orlando dan baru-baru ini dikenakan langsung oleh Kim Kardashian untuk penampilannya di Met Gala.

|Baca Juga: Kim Kardashian Bantah Tuduhan Atas Kerusakan Gaun Marilyn Monroe

5. Marilyn Monroe Sack Dress

Foto: Dok. Pinterest

Pada tahun 1951, Monroe mengenakan dress dari karung goni setelah salah satu reporter perempuan mengkritiknya sebagai orang yang vulgar. Reporter tersebut juga menyampaikan bahwa Monroe hanya terlihat cantik karena memakai busana mewah milik desainer ternama. Untuk merespon kritikan tersebut, Monroe mempunyai ide menjahit karung goni sebagai dress untuk dikenakan.

Dari sekian dress diatas, mana nih favorit kalian?*Han/Ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here