Rayakan HUT RI Ke-77, Ini 5 Rekomendasi Film Sejarah Indonesia yang Wajib Ditonton

Foto: Dok. BumiManusia/Soekarno

Untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia, banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisinya. Selain lomba agustusan dan upacara bendera, kegiatan yang bisa dilakukan bersama teman dan sanak saudara saat hari kemerdekaan adalah menonton film. Dengan menonton film bertemakan sejarah Indonesia, kita mendapat dua hal sekaligus, hiburan dan pembelajaran. Nah, simak yuk rekomendasi film sejarah Indonesia berikut ini.

1. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Foto: Dok. imdb

Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho ini berlatar pada era Pra-kemerdekaan. Berkisah tentang perjuangan salah satu tokoh guru bangsa yang paling berjasa bagi Indonesia. Film ini dibuat untuk mengenang sosok HOS Tjokroaminoto yang semasa hidupnya memiliki peran besar dalam membantu kemerdekaan. Dalam filmnya, Tjokroaminoto berjuang untuk mendirikan sekolah kebangsaan yang telah melahirkan tokoh-tokoh hebat seperti Soekarno. Dikisahkah pula saat Tjokroaminoto menjadi jurnalis pra-kemerdekaan dan mengajarkan pada pemuda untuk berbicara seperti layaknya seorang pemimpin.

|Baca Juga: Perkenalkan Film ‘Pesantren’, Lola Amaria Kenang Masa Kecil Saat Jadi Santri

2. Jenderal Soedirman (2015)

Foto: Dok. imdb

Film yang dibintangi oleh Adipati Dolken ini merupakan film biopik yang mengisahkan sosok Jenderal Soedirman sebagai panglima perang. Dalam film diceritakan, meski sakit paru-paru, Jenderal Sudirman tetap memimpin perang Gerilya selama 7 Bulan demi kemerdekaan Indonesia. Saat Belanda menyatakan kedaulatan Indonesia telah tiada, Jendral Sudirman yang memimpin Tanah Jawa menyatakan sebaliknya, bahwa kedaulatan tersebut masih ada.

3. Bumi Manusia (2019)

Foto: Dok. imdb

Menggabungkan romansa dan perjuangan di era kolonial, film diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini berhasil menarik minat banyak penonton. Buat kalian yang nggak mau mikir berat saat nonton film pra-kemerdekaan, film ini pas untuk dijadikan pilihan. Film ini rilis pada tahun 2019 dan dibintangi oleh Iqbal Ramadhan sebagai pemeran utama. Secara keseluruhan film ini mengiahkan tentang romansa pribumi dan perempuan berdarah campuran yang melewati banyak rintangan untuk bersatu. Ketidakadilan dan perbedaan kelas di era kolonial menjadi topik utama dalam film tersebut.

4. Kartini (2017)

Foto: Dok. imdb

Film Katini disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan rilis pada tahun 2017. Selama penayangannya, film itu berhasil menggaet penghargaan berkat akting Dian Sastro yang mengesankan. Film ini juga menceritakan bagaimana perjuangan Kartini untuk memerdekakan kaum perempuan yang saat itu mengalami banyak penindasan. Diceritakan dalam film, Kartini hidup sebagai warga Ningrat dan merasa bersimpati dengan ketimpangan kelas sosial yang terjadi. Film ini wajib masuk ke daftar kamu!

|Baca Juga: 5 Film Dokumenter Kriminal Netflix Ini Paling Kompulsif untuk Ditonton

5. Soekarno (2013)

Foto: Dok. imdb

Lagi-lagi disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini sukses rilis pada tahun 2013 lalu. Film yang mengisahkan perjalanan hidup Soekarno saat ia masih kecil, tumbuh remaja dan akhirnya berguru pada Tjokroaminoto. Ketika dewasa ia berhasil menjadi seorang proklamator yang hebat dan meraih kemerdekaan Indonesia. Dalam film ini, kita bisa belajar betapa kuatnya sebuah kata-kata sekaligus menjadi senjata apabila kita tau cara menggunakannya. *han/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here