Iwan Fals, Once Mekel dan Fiersa Besari Bersatu Demi Ibu Pertiwi

soundtrack-bumi-manusia
Foto: Yanuarika/Nyata

Jelang penayangannya, akhirnya film Bumi Manusia (2019) secara resmi memperkenalkan soundtrack-nya. Tidak tanggung-tanggung, tiga musisi papan atas Indonesia dari tiga generasi berbeda ditunjuk menyanyikannya.

Mereka adalah Iwan Fals, Once Mekel dan Fiersa Besari. Kamis (25/7) kemarin, ketiganya melakukan rekaman yang diaransemen Purwacaraka itu di Studio Salihara, Jakarta Selatan.

Lagu Ibu Pertiwi ciptaan Ismail Marzuki, akan dibawakan ketiganya untuk soundtrack film adaptasi novel karya Pramoedya Ananta Toer itu. Iwan Fals merasa gembira dilibatkan untuk membawa lagu nasional, dan mengisi film adaptasi sastrawan idolanya itu.

“Saya menggemari karya-karya pak Pram sejak dari jaman ‘gelap’ dulu. Banyak cerita luar biasa dari buku ini. Apalagi ini Ibu Pertiwi tahun berapa? Sebelum 1945 kan? Pasti serulah,” kata Iwan.

Seperti halnya Iwan, Once ternyata juga penggemar karya-karya Pramoedya Ananta Toer. Karena itulah ia juga merasa bangga ditunjuk mengisi soundtrack karya layar lebar ini. Meski ia memiliki kekhawatiran sendiri, karena harus membawakannya bersama Iwan dan Fiersa.

“Dari dulu saya selalu khawatir range vocal key-nya, karena dengan penyanyi wanita suara saya kerendahan, dengan laki-laki ketinggian,” kata Once.

Namun kekhawatiran Once hilang setelah berkumpul dan mengeksplorasikan musik bersama Purwacaraka, Iwan dan Fiersa. Menurutnya, lagu tersebut menjadi lebih berwarna, dengan tiga suara yang range-nya berbeda.

“Saya lebih tenang karena lagu ini jadi punya kekuatan lebih,” ujarnya.

“Menariknya, mas Iwan ambil nada rendah lebih seksi. Sementara Fiersa rata-rata. Once di tinggi. Jadi saya bisa start dari rendah, naik lagi dan naik lagi karena punya tiga range berbeda,” timpal Purwacaraka.

Sementara itu sebagai penyanyi muda, Fiersa memiliki kebanggaan sendiri bisa berkolaborasi dengan penyanyi legendaris seperti Iwan Fals dan Once Mekel.

“Aku pas ditawarin nggak pakai pikir panjang lagi, langsung terima. Karena sama penyanyi yang biasa aku dengerin musiknya jaman sekolah dulu, tapi sekarang bisa bekerjasama. Ini saya dari tadi masih nyubit diri sendiri, mimpi atau enggak,” kata Fiersa tersenyum.

Pemilihan lagu Ibu Pertiwi sebagai soundtrack film Bumi Manusia sendiri sebenarnya terjadi secara tak sengaja. Sang sutradara, Hanung Bramantyo menyebut kesepakatan awal film tersebut tak akan memiliki soundtrack.

“Iseng saya buka YouTube nemu Ibu Pertiwi kayaknya menarik. Bumi Manusia emang soal Ibu Pertiwi yang sedang bersusah hati, sama seperti lagu ini,” ungkap Hanung. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here