Gara-Gara Reuni, Melly Goeslaw Rilis Single Berbahasa Sunda

Foto: Dok. Ist

Melly Goeslaw merilis single berbahasa Sunda berjudul ‘Kalem Aya Urang’ atau yang berarti ‘Selow Ada Gue’. Lagu yang dirilis pada 23 Juni lalu merupakan single berbahasa Sunda pertama yang diciptakan sekaligus dinyanyikan sendiri.

Menurut Melly Goeslaw ide untuk membuat lagu berbahasa Sunda ini lahir setelah ia bertemu dengan teman semasa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bandung.

“Ide ini muncul waktu habis kumpul kayak reuni gitu sama teman teman SD dan SMP di Bandung. Pas ketemu itu mereka bilang ayo dong Mel, bikin lagu Bahasa Sunda,” cerita Melly Goeslaw pada media di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan Sabtu (24/6/2023).

Lagu tersebut juga merupakan ungkapan terima kasih Melly Goeslaw kepada Jawa Barat khususnya kota Bandung. Sebab ia lahir dan besar di Bandung sebelum akhirnya merintis karir di Jakarta. Ia pun menghabiskan masa sekolah di Bandung. Mulai sekolah SD Babakan Surabaya kota Bandung, lalu lanjut ke SMP 22 Bandung hingga SMA BPI Bandung.

“Aku ini orang Sunda, lahir dan besar di Bandung. Apa yang bisa aku kasih sebagai ungkapan terima kasih ya lewat lagu ini,” kata Melly Goeslaw.

|Baca Juga: Setelah Melly Goeslaw, Dinda Ghania Gandeng Anak Vocalis Band Element

Foto: Dok. Ist

Melly Goeslaw sadar meski ia telah membuat lebih dari 600 lagu pop, namun ternyata sama sekali belum pernah membuat lagu bahasa Sunda. Menurut wanita 49 tahun ini, proses membuat lagu ‘Kalem Aya Urang’ terbilang cepat.

“Yang lumayan lama itu dibagian mengisi instrumen tradisionalnya. Seperti suara gendang, suling, gamelan semuanya organik dilakukan oleh seniman Bandung Aransemen basic nya dibantu anak pertamaku, Abe. Setelah aku isi vocal, suara instrumen tradisionalnya direkam di Bandung,” beber Melly Goeslaw tentang proses kreatif lagu ‘Kalem Aya Urang’.

|Baca Juga: Anneth Delliecia Siap Jadi Penerus Melly Goeslaw

Istri Anto Hoed ini mengatakan lagu ‘Kalem Aya Urang’ ini berisi ajakan agar siapapun yang berdarah Sunda untuk percaya diri, kreatif dan mengeksplor budaya Sunda. Bisa mulai dari sisi kuliner, budaya, hingga tempat wisata yang tersebar di Jawa Barat.

“Harapannya semoga lagu daerah pertama yang aku buat ini nantinya bisa hits seperti lagu pop aku yang lain. Lagu ini kan iramanya ceria dan bikin semangat, next-nya aku bisa bikinin nih lagu pop Sunda ballads,” terang wanita yang lahir di Bandung pada 7 Januari 1974 ini.

Tak hanya sekedar merilis single, anak musisi Melly Goeslaw dan Ersi Sukaesih mengadakan kompetisi dance yang lagu latarnya adalah lagu ‘Kalem Aya Urang’ tersebut. Kompetisi dance akan ditutup pada 30 Juni 2023 dan akan dipilih tiga pemenang yang nantinya akan diikut sertakan dalam musik video lagu tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here