Tips Memilih Model Sepatu yang Tepat Agar Tetap Stylish

Memilih model sepatu yang nyaman memang gampang-gapang susah. Sepatu masih menjadi fashion item yang digandrungi para konsumen untuk menunjang penampilannya. Berdasarkan suvey dari Populix, bertajuk Indonesia in 2022: Looking at Fashion Trends & Economy Revival. Terbukti bila alas kaki, sneaker, sendal jepit dan sepatu slip-on dipilih oleh responden perempuan maupun laki-laki sebagai item andalan. Maka tak heran, seiring dengan majunya dunia mode maka desain sepatu juga akan terus di-upgrade.

Pakar fashion Anna Bey berpendapat bila memilih sepatu untuk tampil trendi merupakan hal yang wajar. Namun, kamu tak perlu terburu-buru memutuskan untuk selalu membeli sepatu baru agar tetap trendi, justru dengan kesederhanaan kamu juga bisa mendapatkan tampilan yang memukau dan keren loh.

“Saya merasa setiap kali saya berbelanja, yang saya lihat hanyalah sepatu yang terlihat seperti ini,” kata Anna sambil memegang sepasang sepatu selop merah.

Ia kemudian menjelaskan mengapa kamu perlu menghindari model sepatu tertentu, agar bisa menghindari penampilan yang pasaran dan ketinggalan zaman. Apa saja sih? simak berikut ini

Dad sandals

|Baca Juga: Tampil Modis dan Elegan dengan Busana Syari Sarimbit di Lebaran 2023

Dok. Youtube Anna Bey

Sepatu flatshoes hitam sederhana terlihat lebih baik daripada dad sandals.

Jenis sepatu ini mungkin nyaman dan praktis, terutama selama bulan-bulan di musim panas. Namun sebenarnya kamu bisa tampil lebih baik lagi saat ingin memakai sandal. Anna menjelaskan, dad sandals biasanya memiliki tali Velcro yang tebal dan sol hitam yang tebal, bayangkan saja bila sesuatu yang akan dikenakan oleh ayah saat liburan dan juga kamu pakai.

Anna menyarankan untuk memilih sesuatu yang lebih halus seperti sandal biasa warna hitam, untuk tampilan yang beda dan tidak mirip dengan fashion ayah kamu.

Sapatu Rantai

Dok. Youtube Anna Bey

Hiasan rantai langsung membuat harga sepatu seakan terlihat lebih murah, kata Anna. Tidak peduli seberapa bagusnya sepatu itu, jika ada rantai yang terlihat palsu, menurutnya kamu perlu memikirkannya lagi untuk membelinya.

“Rantai itu membuat penampilan menjadi murahan dan tidak terlihat mahal,” katanya.

“Saya adalah tim balet flat,” lanjutnya, menjelaskan bahwa tampilan yang sederhana dan chic akan selalu terlihat lebih mewah daripada rantai yang mencolok pada sepatu flat atau sandal.

Jika bisa, lepaskan rantai dari sepatu yang sudah Anda miliki untuk membuatnya terlihat lebih mahal. Demikian saran dari pakar fashion tersebut.

Sliders

Dok. Youtube Anna Bey

Meskipun merupakan salah satu sepatu musim panas yang paling populer, sepatu ini tidak akan pernah memenangkan hati Anna.

Dan meskipun sepatu ini buruk jika berdiri sendiri, namun akan lebih buruk lagi jika dipasangkan dengan kaus kaki.

“Bagi saya, ini adalah sepatu pembersih. Saya hanya akan memakainya di rumah setiap kali saya tahu saya akan basah. Mungkin untuk membersihkan dan mengepel lantai,” ujar Anna.

Ia menyarankan untuk memilih gaya sandal slip-on yang terbuat dari kulit atau sesuatu yang lebih feminin.

Sandal gladiator

Dok. Youtube Anna Bey

Masalah dengan sandal gladiator terlalu banyak yang terjadi, kata Anna. Tidak hanya itu, tapi jika kamu memiliki kaki yang rata seperti mode dari sandal ini. Sandal ini dapat membuat kaki kamu terlihat lebih lebar dan rata, dan itu tidak ideal.

Pilihlah sesuatu yang tidak memiliki tali pergelangan kaki. Karena tali pergelangan kaki dapat memotong kaki kamu dan membuat kamu tampak lebih pendek. Anna memilih sepasang sandal kulit hitam dari Zara yang ia rekomendasikan.

Sepatu olahraga tebal

|Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Tips Memilih Pakaian Dalam yang Tepat

Dok. Youtube Anna Bey

Pelatih lari dan pelatih mode adalah hal yang sangat berbeda, kata Anna. Tidak ada yang salah dengan keinginan untuk merasa nyaman dan mengenakan sepatu olahraga, selama kamu menjauhi gaya chunky, jelas sang ahli.

Secara umum, apa pun yang kamu kenakan untuk berolahraga tidak boleh dipakai di luar gym.

Bukan berarti kamu harus meninggalkan sepatu kets sama sekali, sepasang sepatu kets putih yang sederhana akan terlihat jauh lebih elegan dan mahal. *emy/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here