7 Dekorasi Rumah Unik untuk Sambut Hari Raya Lebaran

Foto: Dok. Pexels/Soumia Photography

Hari Raya Lebaran semakin dekat, dan semakin banyak pula dekorasi yang harus kamu persiapkan untuk mempercantik rumah sebelum menyambut para tamu.

Saat suasana Lebaran sudah dinanti-nantikan umat Muslim di seluruh dunia. Tentunya semua ingin memiliki suasana yang berbeda di rumah pada momen yang spesial ini, sehingga dirasa perlu mempercantik rumah dengan berbagai dekorasi yang unik untuk menyambut momen setahun sekali tersebut.

Nah, bagi yang masih bingung mencari inspirasi untuk mendekorasi rumah sesuai dengan tema Lebaran,  berikut ada 7 ide yang mungkin cocok untuk menghiasi rumahmu saat Hari Raya.

1.Hiasan Ketupat

Foto: Dok. net

Tentunya ketupat merupakan salah satu makanan yang wajib ada ketika Lebaran. Anyamannya pun juga tak hanya digunakan untuk menyimpan ketupat, tapi juga sering kali digunakan sebagai dekorasi Lebaran.

Nah, bagi kalian yang sedang membuat ketupat untuk persiapan Lebaran, jangan lupa juga untuk membuat beberapa anyamannya sebagai dekorasi Lebaran dirumah kalian. Atau, kamu juga bisa menggunakan pita agar lebih awet dan tidak menguning. Satukan 3 buah ketupat dari pita yang telah kamu anyam, kemudian gantungkan di depan pintu rumah.

|Baca Juga: Manfaat Penting Minum Susu saat Sahur dan Berbuka

2. Dekorasi Bunga

Foto: Dok. net

Tanaman, terutama bunga, merupakan salah satu hal paling indah yang bisa kamu gunakan untuk menghias sebuah ruangan.

Tak hanya menambahkan keindahan, tetapi juga memberi suasana yang asri dan tenang. Maka dari itu, bunga juga cocok untuk kalian gunakan sebagai dekorasi Lebaran.

Cobalah untuk menaruh bunga di setiap sudut rumah, agar aromanya pun dapat menyebar ke seluruh ruangan.

3. Lentera

Foto: Dok. net

Lentera sangat identik dengan nuansa Timur Tengah serta dapat memberikan kilau yang terang dan menenangkan, terutama ketika malam hari.

Jika kalian menggunakan lentera sebagai dekorasi Lebaran, kamu dapat memberi ruanganmu kesan yang hangat dan suasana yang akrab. Tapi, hati-hati untuk tidak meletakkannya di dekat barang-barang yang mudah terbakar ya.

4. Toples Hias

Foto: Dok. net

Selain ketupat, salah satu makanan yang identik dengan suasana Lebaran adalah kue. Ketika kamu bertamu ke rumah teman atau saudara ketika Lebaran pasti ada beberapa toples yang berisi kue-kue manis itu.

Agar lebih indah dipandang, kamu dapat menyiapkan beberapa toples yang berbentuk cantik agar bisa digunakan sebagai wadah dan juga sebagai dekorasi Lebaran.

Jika kalian tak memiliki toples cantik, kamu juga bisa memanfaatkan toples polos bening. Hiaslah toples polosmu dengan pita dan manik-manik agar lebih indah.

|Baca Juga: Inspirasi Busana Muslim Warna Pastel yang Buat Lebaran Makin Ceria

5. Lukisan Kaligrafi

Foto: Dok. net

Ganti lukisan di ruang tamu kalian dengan lukisan kaligrafi berlafalkan Allah SWT atau Nabi Muhammad SAW. Sehingga sentuhan dalam ruang tamu kamu semakin lengkap dan teduh.

Letakkanlah lukisan kaligrafi tersebut pada jantung ruangan agar menjadi poin utama yang dapat tamu nikmati di rumah.

6. Permadani

Foto: Dok. net

Permadani atau karpet Timur Tengah juga dapat kalian jadikan inspirasi untuk dekorasi Lebaran. Sebelum membelinya, pilihlah warna permadani yang lebih gelap seperti hijau tua atau merah maroon.

Fungsinya agar menyamarkan noda tumpahan kuah ketupat sayur ataupun noda sirup yang wajar terjadi saat Hari Raya nanti. Pilih juga permadani yang lembut untuk diletakkan di ruang tamu ya.

7. Bantal Hias

Terakhir adalah bantal hias. Ganti bantal sofa di ruang tamu polosmu dengan sarung bantal bernuansa Arabian.

Kalian bisa memilih warna sarung bantal yang masih tergolong sesuai dengan warna sofamu atau dengan karpet ruang tamu. Dengan motifnya yang kaya, dijamin suasana rumahmu akan semakin meraih dan hangat! *emy/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here