Komnas Perempuan Kecam Oki Setiana Dewi Soal KDRT: Dia Bukan Korban

oki setiana dewi kdrt
Dok. Instagram

Lengkap sudah bombardir hujatan yang ditujukan untuk Oki Setiana Dewi tentang normalisasi KDRT yang sedang trending di Twitter. Setelah pemuka agama, kini Komisi Nasional Perempuan ikut bereaksi. Lembaga ini tidak terima jika Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dianggap biasa, bahkan harus ditutupi. Menurut Mariana Amiruddin apa yang dikatakan Oki menggambarkan sikap tidak berempati kepada penyintas kekerasan.

Karena penyintas KDRT itu tidak hanya sebatas melukai fisik dengan menampar saja, tetapi bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, Oki harus bisa berhati-hati lantaran tidak semua audience-nya bisa menyaring perkataannya dengan baik.

“Dalam taraf KDRT yang sangat berat, kesannya (Oki) tidak berempati,” kata Mariana kepada awak media, Kamis (3/2).

Tidak hanya persoalan ‘normalisasi KDRT’ saja. Tetapi ada pernyataan Oki Setiana Dewi lain yang mengatakan kalau perempuan itu lebay sebab suka melebih-lebihkan cerita KDRT yang dideritanya kepada orang tuanya. “Hanya saja ada kata-kata ‘lebay’ itu yang bikin sakit hati korban,” tambahnya.

| Baca juga: Oki Setiana Dewi Ingin Promosikan Pariwisata Indonesia Melalui Fesyen

Diketahui bahwa Komnas Perempuan telah mencatat setidaknya 17,8 persen dari 299.991 kasus kekerasan yang dialami perempuan berasal dari rumah tangga. “Mungkin dia tidak pernah mengalami kejadian kekerasan dalam rumah tangga. Dia nggak pernah tahu bagaimana kasus itu bisa jadi sangat serius untuk rumah tangga apalagi istri. Jadi dia dengan mudahnya menyampaikan hal itu,” ucap Pemimpin Redaksi Yayasan Jurnal Perempuan tahun 2008-2012. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here