Sering Nyeri saat Haid? Ini 5 Pose Yoga yang Bisa Meredakan

pose-yoga-menghilangkan-nyeri-haid
Foto: Shutterstock

Ketika datang bulan atau haid, bukan hanya mood tak beraturan saja yang merepotkan. Terkadang nyeri juga datang tiba-tiba, sehingga kondisi tubuh makin terasa tidak nyaman. Tapi jangan khawatir, beberapa gerakan yoga bisa Anda lakukan untuk meredakan atau mengurangi rasa nyeri itu.

Melakukan yoga dapat melepaskan hormon endorfin, sehingga dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, juga mampu melancarkan aliran darah yang mengandung oksigen ke organ reproduksi.

Nah, yuk coba 5 gerakan yoga yang simpel berikut ini, untuk membantu meredakan nyerimu saat haid atau menstruasi!

1. Cat and Cow Pose

cat-and-cow-pose
Foto: Popsugar

Bukan hanya bermanfaat bagi peregangan leher dan tubuh bagian atas saja, otot perut dan tulang belakang akan berasa dipijat saat mempraktekan gerakan ini. Akibatnya, peredaran darah lebih lancar. Nyeri haid pun dapat diatasii.

Cat-cow juga mampu menyeimbangkan mood swing yang biasa terjadi saat haid. Lakukan gerakan secara tenang. Tarik nafas saat pose cow (sapi) dan hembuskan nafas pada pose cat (kucing).

|Baca juga: Ide 10 Pakaian Olahraga Cinta Laura Ini Bikin Kamu Semangat Workout!

2. Supine Spinal Twist Pose (Supta Matsyendrasana)

Supine-Spinal-Twist-Pose
Foto: Yoga Asanas

Gerakan bernama sanksekerta Supta Matsyendrasana ini merupakan pose memelintir dan ‘meremas’ tubuh sehingga menambah kelenturan tulang belakang.

Angkat lutut sebelah kiri dan letakkan di bagian tubuh sebelah kanan. Rentangkan tangan kiri lurus menjauhi tubuh, serta arahkan wajah dan dada ke sebelah kiri. Lakukan arah sebaliknya untuk gerakan yang kanan.

Praktikkan dengan santai gerakan ini secara beberapa menit sambil mengatur nafas, untuk meredakan nyeri selama menstruasi.

3. Knees to Chest Pose

Knees-to-Chest-Pose
Foto: Yoga International

Lakukan gerakan Knees to Chest agar otot punggung dan perut bagian bawah lebih rileks. Gerakan ini juga ampuh untuk menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan. Berbaringlah lalu tahan lutut diatas dada dengan kedua tangan. Goyang-goyangkan tubuh ke kanan dan ke kiri untuk hasil lebih maksimal.

|Baca juga: 2 Cara Ampuh Atasi Gangguan Serangan Panik Ala Marshanda

4. Wide Child’s Pose

child pose yoga
Foto: Yoga Journal

Bagi yang sering merasa nyeri di bagian punggung saat haid, cobalah gerakan ini. Pose Wide Child’s mampu melepaskan ketegangan di punggung, bahu dan leher. Saat melakukan gerakan ini, kontrol dengan baiklah naik turunnya nafas. Pastikan juga kedua lutut terpisah jauh, sehingga perut akan lebih nyaman saat berada diantaranya.

5. Standing Forward Bend Pose

Standing-Forward-Bend-Pose
Foto: Yoga Journal

Gerakan yang disebut uttanasana dalam bahasa Sansekerta ini, mampu melepaskan ketegangan pada tubuh. Uttasana berarti mampu meregangkan pinggul, punggung, paha belakang dan betis. Gerakan ini fokus meringankan sakit yang menjalar ke kaki dan sekitar punggung. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here