14 Makanan agar Tetap Bugar di Cuaca Ekstrem (Part 2)

0
22
Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Healthline

Bukan hanya sayuran dan buah-buahan saja, masih banyak bahan makanan lain yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apa saja? Inilah bagian ke dua dari bahan makanan yang baik dikonsumsi saat cuaca ekstrem seperti sekarang ini:

8. Almond

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Almond dengan segala nutrisinya dapat mengobati dan mencegah pilek. Vitamin E di dalamnya berguna untuk kekebalan tubuh. Sebanyak 46 butir almond dalam sehari sama dengan 100% vitamin E yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

| Baca juga: 14 Makanan Agar Tetap Bugar di Cuaca Ekstrem (Part 1)

“Tapi almond kurang cocok untuk diet karena mengandung lemak tinggi, meskipun termasuk lemak baik,” tutur Mariska Burhan, SE., AdvDip., Diet & Health Nutrition Consultant.

9. Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini ternyata bukan untuk bahan masak saja, tapi juga untuk pengobatan karena bersifat anti-inflamasi. Kandungan kurkumin pada kunyit juga berfungsi untuk mengobati kerusakan pada otot.

10. Green Tea dan Black Tea

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Green tea mengandung anti-oksidan yang tinggi. Sedangkan black tea memiliki flavonoid tinggi. Keduanya berfungsi untuk kekebalan tubuh. Selain itu ada kandungan asam amino yang mampu memerangi kuman di sel tubuh.

| Baca juga: Makan Sedikit, tapi Berat Badan Tetap Naik? Ini Penyebabnya!

Penelitian terbaru pada tikus dan babi yang telah diberi sel kanker. Ekstrak green tea dalam jumlah banyak mampu menurunkan kandungan sel kanker pada tubuh hewan tersebut. Sementara untuk tumor juga mampu membuatnya mengecil.

11. Pepaya

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Pepaya memiliki kandungan gula dan kalori lebih rendah dari jeruk. Dalam satu papaya mengandung 200% jumlah vitamin C. Pepaya juga bagus untuk enzim pencernaan dan anti-inflamasi. Selain itu kandungan kalium, vitamin B dan folat dalam papaya, sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

12. Kiwi

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Selain jeruk, kiwi adalah salah satu buah dengan penghasil vitamin C terbesar. Fungsinya dapat meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

13. Biji bunga matahari

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Ada kandungan fosfor, magnesium, vitamin B, E dan anti-oksidan tinggi dalam biji bunga matahari. Vitamin E sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Selain biji bunga matahari, alpukat dan beberapa sayuran berdaun gelap lainnya seperti kale, bayam, sawi hijau, juga menghasilkan vitamin E.

14. Ayam

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Daging ayam memiliki 40% vitamin B6 yang direkomendasikan bagi tubuh tiap harinya. Vitamin B6 dibutuhkan untuk reaksi kimia yang ada dalam tubuh.

Kandungan vitamin B6 pada ayam lebih baik lantaran ikan memiliki jenis yang beragam, begitu juga dengan kandungan nutrisinya yang berbeda-beda. Misalnya salmon mengandung lemak dan omega 3 yang tinggi, daripada kandungan B6.

Kaldu ayam mengandung gelatin, chondroitin dan nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh dan penyembuhan usus.

| Baca juga: Ternyata Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari!

Selain jenis makanan tersebut, mindset juga harus dibenahi dengan selalu berpikir positif.

“Ya semuanya dari makanan, tapi jangan sepelekan pikiran positif kita. Itu dulu yang dibenahi. Dua kombinasi tersebut membuat tubuh terasa bugar. Jadi tubuh tidak mudah terserang penyakit,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here