14 Makanan agar Tetap Bugar di Cuaca Ekstrem (Part 1)

0
15
Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Healthline

Memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini, beragam penyakit bisa dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh. Sebelum itu terjadi, tubuh harus dibentengi terlebih dahulu dengan asupan nutrisi yang cukup dan olahraga seimbang.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi lain yang bisa didapat dari buah, sayur, maupun biji-bijian.

| Baca juga: Dengan ‘CERDIK’, Kanker Dapat Dicegah hingga 50 Persen!

Nah, berikut adalah makanan yang tepat dikonsumsi di tengah cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini:

1. Jeruk

jeruk-tidak-baik-untuk-flu
Foto: Homeperch

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung anti-oksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

2. Paprika

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Paprika mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Beta-karoten yang terkandung dalam paprika juga bagus untuk kesehatan mata dan kulit. Paprika tidak mengandung gula, selain itu kandungan karbohidratnya juga kecil.

| Baca juga: Ternyata Ini Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari!

“Bisa dikonsumsi langsung, atau kalau mau, bisa dicampur  salad,” saran Mariska Burhan, SE., AdvDip., Diet & Health Nutrition Consultant.

3. Brokoli

brokoli-tidak-baik-untuk-flu
Foto: Healthline

Merupakan jenis sayuran tersehat, karena mengandung anti-oksidan, serat, vitamin A, B, C, E, K. Brokoli bisa dikonsumsi selagi mentah atau hanya dimasak sebentar.

| Baca juga: Gak Nyangka, 7 Makanan Sehat Ini Malah Bikin Flu Tambah Parah

“Brokoli juga baik buat imunitas tubuh,” ujar ibu tiga anak tersebut.

4. Bawang Putih

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Bawang putih mengandung senyawa-senyawa yang membantu dalam sistem kekebalan tubuh. Seperti senyawa allicin yang mengandung belerang, dapat membantu mengikis blok-blok yang menghambat pembuluh darah.

5. Jahe

Foto: drweil.com

Jahe dapat digunakan untuk menangkal sekaligus meredakan flu. Kandungan senyawa gingerol dalam jahe juga mampu menjaga sistem imun, sehingga mampu beradaptasi dalam cuaca ekstrem.

6. Bayam

bayam-tidak-baik-untuk-flu
Foto: Healthline

Kandungan anti-oksidan dan beta-karoten pada bayam mampu menjaga tubuh dari infeksi. Sama halnya dengan brokoli, bayam sebaiknya dikonsumsi mentah atau hanya dimasak sebentar, agar nutrisinya tetap terjaga.

7. Yogurt

Makanan sehat untuk musim hujan
Foto: Net

Yogurt, terutama yang plain atau Greek mengandung vitamin D yang baik untuk kekebalan tubuh dan melawan penyakit. Selain itu, ada kalsium dan protein juga di dalamnya.

“Saya selalu merekomendasikan orang-orang untuk mengonsumsi yogurt plain atau Greek, karena cocok buat camilan diet dan bikin sehat. Pencernaan lancar,” tambahnya. (bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here