Kanye West Digugat Donna Summer Atas Hak Cipta

Foto: Dok. GettyImages

Donna Summer menggugat Kanye West karena diduga menggunakan sampel musiknya tanpa izin. Gugatan itu berisi, bila Kanye mengambil sampel lagu Donna bertajuk I Feel Love yang populer di tahun 1970-an.

Sampel dari I Feel Love itu digunakan dalam lagu terbaru Kanye yang berjudul Good (Don’t Die). Lagu ini menjadi salah satu track dalam albumnya, Vultures 1, yang dirilis awal bulan ini. Namun lagu tersebut, diketahui sudah dihapus dari layanan streaming musik.

Kuasa hukum Donna Summer mengatakan, bila pihak Kanye West sempat menghubunginya terkait sampel musik ini pada 31 Januari 2024 lalu. Ia baru meminta izin akan memakai sampel itu, seminggu sebelum albumnya rilis.

Baca Juga: Lagi-lagi! Istri Kanye West Telanj*ng Pakai Jas Hujan Tranparan

Namun permintaan Kanye itu ditolak oleh Donna, mengingat dirinya adalah musisi legendaris, yang lagunya telah menjadi warisan di dunia musik. Mereka juga khawatir bila lagu tersebut mengalami degradasi, karena dipakai oleh musisi yang penuh kontroversi seperti Kanye.

“West dikenal sebagai public figur yang kontroversial. Perilakunya telah membuat banyak merek dan mitra bisnis sampai memutuskan hubungan dengannya,” ujar kuasa hukum Donna, dikutip dari BBCNews.

Kuasa hukum Donna kemudian mengklaim, bila suami Bianca Censori itu telah berbuat licik usai ditolak. Kanye berusaha menggunakan nada musik yang mirip seperti lagu Donna tersebut. Tetapi dengan tegas kuasa, hukum Donna mengatakan bila hal itu tetaplah sebuah pelanggaran hak cipta.

Baca Juga: Dinner Bareng Kanye, Kim Kardashian Pakai Coat Rp204 Juta

Setelah album itu dirilis, pihak Donna Summer segera menghubungi layanan streaming untuk menghapus lagu tersebut. Beberapa hari kemudian, album tersebut benar menghilang, tetapi dirilis ulang tanpa lagu Good (Don’t Die).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here