Sebagai perempuan, terkadang barang bawaan kita bisa jadi sangat banyak ketika bepergian. Meski waktu bepergian tidak terlalu lama–mungkin tiga hari hingga seminggu–tetapi barang bawaan justru memakan minimal dua koper. That’s so over the top.

Ada baiknya kamu ikuti tips packing backpacker perempuan di bawah ini, agar kamu tidak membawa lebih dari satu koper. Memang bisa? Tentu saja!

1. Cuci-kering-pakai

Kalau kamu melakukan perjalanan dalam waktu yang cukup lama (seminggu atau lebih), ada baiknya kamu memakai sistem cuci-kering-pakai. Daripada membawa koper banyak-banyak–apalagi bila kamu adalah backpacker–lebih baik kamu membawa deterjen dan setrika mini untuk mengurangi jumlah bawaan di dalam koper.

Tidak ada salahnya untuk mengulang pakaian di minggu yang sama, selama kamu tidak memakainya dengan cara yang benar-benar sama. Misalnya kamu membawa kaos, warna hitam dan cardigan putih, saat pertama menggunakannya, kamu bisa memilih untuk mengalungkan cardigan di leher. Ketika kali kedua memakainya, kamu bisa melepas cardigan atau menyabukkannya di pinggangmu.

2. Cukup satu buah jeans untuk sekali perjalanan

Jangan bawa lebih dari satu jeans. Ingat, jeans bukanlah kain fragile yang harus kamu cuci tiap tiga hari sekali. Bahkan, jeans memang disarankan untuk tidak dicuci terlalu sering. Seminggu sekali atau sebulan dua kali, sudah sangat efektif untuk menghilangkan bakteri di jeans kamu.

Apalagi, jeans bisa memakan porsi yang cukup banyak di kopermu. Jadi disarankan untuk membawa satu buah jeans saja agar menghemat barang bawaan.

Selain itu, jeans dengan tipe celana bisa lebih pas untuk dibawa daripada yang bertipe rok. Bila kamu tidak masalah dengan bawahan yang itu-itu saja, bawa saja satu buah jeans untuk menjadi teman selama perjalananmu. Nggak dosa, kok!

3. Baju tidur juga bisa dipakai berkali-kali

Tidak perlu ganti tiap hari untuk baju tidur selama perjalanan. Cukup gunakan satu saja selama tiga hari, maka kamu akan menghemat cukup banyak tempat di dalam kopermu. Bahkan, kamu yang akan tinggal di tempat ber-AC, bisa menggunakan satu baju tidur untuk seminggu, lho!

Toh, baju tersebut hanya kamu gunakan untuk tidur, jadi tidak perlu sampai bawa lebih dari tiga pasang.

4. Bahan kaos lebih baik

Kamu yang menganut paham “gulung baju untuk muat di dalam koper” sebaiknya memilih baju dengan bahan kaos saat bepergian. Bahan kaos mudah digulung dan tidak mudah kusut. Kamu juga bisa menyetrikanya dengan mudah, ketika kamu merasa baju tersebut tidak layak pakai.

So, ladies, tidak ada alasan lagi untuk membawa terlalu banyak bawaan bukan? Satu koper ukuran kecil atau sedang saja cukup untuk seminggu atau dua minggu perjalanan, selama kamu bijak dalam mengisi kopermu.