Terkadang, kamu mungkin merasa terlalu malas atau terlalu lelah untuk langsung mencuci piring setelah makan. Mungkin kamu punya alasan bagus untuk ini, misalnya kamu sedang dalam keadaan terburu-buru karena pekerjaan yang tak bisa ditunda.

Tapi, ada baiknya jika hal ini tidak menjadi kebiasaan, karena bisa fatal akibatnya. Apa yang bisa terjadi dari tidak mencuci piring dengan segera? Berikut penjelasannya.

1Langsung mencuci piring membuat pekerjaanmu lebih mudah ke depannya

Semakin lama kamu menunda tugas mencuci piring, semakin berat pekerjaanmu nantinya. Jika kamu memang benar-benar tidak punya waktu, setidaknya cucilah peralatan makan yang paling mudah seperti sendok atau garpu, baru cuci sisanya nanti.

Selain mengurangi pemandangan yang tak enak, pekerjaanmu akan lebih mudah nantinya bukan?

2Kamu akan menghemat waktu dan tenaga

Membersihkan piring dengan sisa makanan yang sudah mengeras karena menempel terlalu lama, membutuhkan lebih banyak air dibandingkan jika kamu langsung mencucinya.

Selain itu, kamu juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk menggosok dan membersihkan apa yang tadinya mungkin bisa dibersihkan dengan cepat. Sudah tidak hemat air, tidak hemat sabun, energi yang dikeluarkan pun berlebih.

3Mendukung kesehatan yang lebih baik

Meski terlihat remeh, namun membiarkan piring kotor di tempat cucian dalam waktu yang lama sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Jika permukaan yang bersih saja dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri, bisa dibayangkan berapa banyak bakteri yang berkembang dalam permukaan piring kotor? Seram!

Cara Mudah Membersihkan Dapur Untuk Para Pemula Membersihkan dapur mungkin terdengar seperti pekerjaan yang melelahkan bagimu. Di sini kamu … [Read More]

Jika kamu memelihara binatang atau ada banyak orang di rumahmu, maka kemungkinan bakteri tersebar ke semua penghuni rumah, lho! Bila bakteri yang jahat tersebut menyerang orang yang sedang sakit, bisa fatal akibatnya.

4Dapurmu akan terlihat lebih bagus

Jika kamu termasuk orang yang cukup sering menerima tamu, memiliki dapur yang bersih dan bebas dari tumpukan piring kotor, dapat mengesankan bahwa kamu adalah orang yang menjaga kesehatan.

Jika kamu tidak begitu sering menerima tamu pun, memiliki dapur yang bersih dan rapi bisa membuat mood-mu menjadi lebih baik, lho. Percaya tidak percaya, melihat sesuatu yang bersih dan rapi bisa meningkatkan produktivitas seseorang. Satu hal yang mudah dilakukan namun berdampak besar, hebat bukan?

Jadi ingat, sesibuk apapun kamu, sebaiknya kamu langsung mencuci piring atau peralatan dapur lainnya. Tidak ada untungnya menumpuk pekerjaan!