Video game sering mendapat citra buruk. Bahkan, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) pernah menyerukan blokir terhadap sejumlah game. Terlepas bahwa penilaian KPAI ternyata dilakukan oleh orang-orang yang tak paham tentang video game, memang perlu berhati-hati agar anak hanya memainkan game yang sesuai dengan usianya.

Untuk anak TK lebih mudah diatur. Orang tua tinggal menyodorkan, dan mereka akan memainkannya sampai bosan. Untuk anak SMP dan SMA, mereka sudah bisa mencerna ketika orang tua menjelaskan game mana yang berpengaruh baik atau buruk bagi mereka—tinggal masalah menurut atau tidaknya.

Yang paling sulit adalah anak SD. Mereka mudah sekali terpengaruh teman, media, atau apapun yang mereka akses. Pikiran mereka tentang game hanyalah “ini keren” atau “ini seru”. Adegan kekerasan, misalnya, gampang mereka tiru tanpa pikir panjang akibatnya.

Karena itulah sekarang saya mencoba mengajukan sejumlah game yang baik dan seru untuk ditawarkan kepada anak-anak usia SD (5-12 tahun). Untuk bagian ini, saya sengaja memilih game yang tidak dirilis di gadget (ponsel pintar atau tablet). Tujuannya, jika anak-anak bisa digiring ke mesin game murni—yang portabel maupun yang rumahan—lebih mudah mengawasi apa yang mereka mainkan ketimbang di gadget.

Mario Bros

Ikon video game yang disuka tua dan muda.

Jika membahas game untuk semua umur, Mario juaranya. Tokoh tukang ledeng gendut ini punya banyak dengan hampir semua genre, yang seluruhnya baik untuk dimainkan sekeluarga. Untuk genre action, ada New Super Mario U untuk mesin Wii U. Sedangkan versi grafis 3D-nya adalah Super Mario 3D World.

Kedua game ini bisa dimainkan hingga empat orang sekaligus secara bekerja sama. Menamatkannya tidak terlalu sulit bagi pemain pemula. Sedangkan bagi pemain kawakan, bakal tertantang membongkar banyak rahasia dalam kedua game ini. Serial Mario selalu menarik bagi siapapun, yang jago maupun yang belum.

Selain action, Mario juga tampil dalam game racing. Judulnya Mario Kart, menampilkan Mario dan para karakter lain berlomba go-kart. Bukan hanya adu cepat, tapi juga saling menyerang. Jangan kuatir, pertempurannya jenaka dengan melemparkan kulit pisang atau semacamnya. Seri Mario Kart ada di setiap mesin game buatan Nintendo yang beredar saat ini. Hingga delapan orang bisa berkompetisi sekaligus.

Anak-anak maunya game pertarungan? Ada juga Super Smash Bros, pertarungan seru yang kartunal. Kali ini bukan hanya Mario dan teman-temannya. Nintendo memasukkan banyak karakter dari berbagai game lain yang pernah mereka buat. Dibandingkan semua game fighting lain di pasaran, seri Super Smash Bros ini yang paling aman—serta menarik—bagi anak-anak.

Jika anak anda cukup mampu membaca bahasa Inggris, bolehlah mulai diperkenalkan dengan genre RPG (role playing game). Tipe ini merupakan suatu petualangan panjang dengan cerita yang kompleks, serta pengembangan karakter yang dimainan. Mario punya koleksi berbagai seri Mario RPG, yang kisahnya setara dengan dongeng-dongeng terkenal.

Dan jika sekeluarga berkumpul di ruang tengah dengan selera tipe game yang berbeda-beda, yang layak dicoba adalah seri Mario Party. Game ini menyediakan banyak sekali minigame singkat yang seru, menokohkan Mario dan teman-temannya. Bisa dimainkan hingga delapan orang sekaligus, setiap orang bakal menemukan minigame yang paling disukainya, yang disajikan oleh komputer dengan urutan acak. (*)