Coba perhatikan wajah Keanu Reeves dalam poster film John Wick: Chapter 2. Seandainya cambang, kumis, dan jenggotnya dicukur, wajah seperti apa yang kita bayangkan di baliknya? Ya, kita akan temukan aktor kelahiran 1964 tersebut dalam versi klimis, yang nyaris tak berubah selama lebih dari dua dekade.

Keanu memang satu dari segelintir aktor Hollywood yang tampak nyaris tak pernah menua. Bagaikan manusia abadi (immortal) dalam kisah fiksi. Berikut ini kita simak sejumlah penampilan Keanu dalam kurun waktu berbeda, yang membuat kita bertanya-tanya berapa umurnya yang sebenarnya.

11. Hangin’ In (TV-1984) dan

22. One Step Away (1985)

Kiri: Hangin’ In. Kanan: One Step Away

Keanu pertama kali tampil di layar televisi dalam serial remaja Hangin’ In pada 1984. Setahun kemudian, ia dapat peran dalam film layar lebar One Step Away. Cuma peran kecil sih, di film-film yang tidak terlalu terkenal. Menariknya, ia berperan sebagai remaja, sementara saat itu ia sudah memasuki umur 20an.

33. Dangerous Liaisons (1988)

Peran Keanu dalam Dangerous Liaisons sebenarnya tidak terlalu besar. Ia jadi pemuda yang tinggal di antara para bangsawan Prancis abad XVIII. Tapi, film ini bertabur bintang. Ada Glenn Close, John Malkovich, Michelle Pfeiffer, dan Uma Thurman. Melalui film drama inilah, nama Keanu Reeves mulai dikenal luas di Hollywood.

44. Bill and Ted Excellent Adventure (1989)

Setelah Dangerous Liaisons yang serius, Keanu kembali ke film remaja yang ringan. Kali ini dalam film Bill and Ted’s Excellent Adventure, sebuah film perjalanan gila-gilaan. Sebenarnya film ini tidak dipatok target terlalu tinggi, tapi ternyata malah sukses. Keanu pun tampil lagi dalam sekuelnya, yaitu Bill and Ted’s Bogus Journey.

55. Point Break (1991)

Tawaran besar datang lagi. Kali ini, Keanu jadi peran utama bersama Patrick Swayze, aktor yang sedang sangat populer berkat film Ghost (1990). Patrick jadi perampok kharismatik, sementara Keanu jadi agen federal yang menyusup ke kelompoknya. Film Point Break yang berlatar selancar ombak ini tempo hari sempat dibuat ulang, tapi tak mampu tandingi sensasi versi aslinya.

66. Bram Stoker’s Dracula (1992)

Keanu sudah jadi bintang papan atas Hollywood. Sutradara besar Francis Ford Coppola pun menyertakannya dalam film Bram Stoker’s Dracula, bersama banyak aktor-aktris kenamaan lainnya. Peran Keanu adalah tunangan Mina, gadis yang diincar Dracula. Sayangnya, akting Keanu tenggelam oleh intensitas penampilan Gary Oldman, Anthony Hopkins, dan Winona Ryder.

77. Little Buddha (1993)

Wajah eksotik Keanu memetik manfaat dalam proyek film Little Buddha. Ia terpilih memerankan Pangeran Siddharta dalam perjalanan spiritual beliau menjadi Sang Buddha. Di tangan sutradara Bernardo Bertolucci yang sangat artistik, Keanu diuji habis-habisan kemampuan akting mimik wajahnya. Bagaimana Keanu kelak membawakan karakter Neo dalam The Matrix dipengaruhi oleh film Little Buddha ini.

88. Speed (1994)

Keanu bersama Sandra Bullock.

Waktunya Keanu jadi tokoh utama dalam film berpenghasilan sangat tinggi. Speed diakui sebagai salah satu film action terbaik dan paling dikenang. Bahkan sekarang pun, film enerjik ini masih memikat untuk ditonton. Keanu sukses memerankan karakter polisinya, berpadu apik dengan Sandra Bullock dan Dennis Hopper. Semakin kentara setelah sekuel film ini, di mana Keanu absen, jadi jauh lebih buruk.

99. The Devil’s Advocate (1997)

Keanu beradu akting dengan Charlize Theron dan aktor kawakan Al Pacino. Berawal dari aksi pengacara muda yang cerdas dan ambisius, kisah film ini berkembang jadi supranatural seiring terungkapnya identitas salah satu tokoh. Melalui film ini, Keanu mendapat ciri khas karakternya, yang kelak dibawa ke dalam film-film seperti The Matrix dan Constantine.

1010. The Matrix (1999)

Inilah film Keanu yang paling populer. Ia membawakan sosok Neo, jagoan yang spektakuler dalam suatu jalinan cerita yang kompleks lagi filosofis. Meski ditopang efek visual canggih, tetap saja Keanu harus belajar seni beladiri khusus untuk film ini. Wajah Keanu yang tak jelas umurnya serta tak jelas etnisnya sangat membantu mewujudkan sosok Neo.

1111. The Replacement (2000)

Keanu bersama Gene Hackman.

Dalam film Point Break, tadinya diceritakan Keanu jadi mantan atlet american football SMA. Sedangkan dalam kehidupan nyata, Keanu sendiri juga atlet hoki es yang cukup menonjol di SMA-nya. Tak heran jika ia dapat peran dalam film tentang american football berjudul The Replacement. Tampil bersama aktor kawakan Gene Hackman, kali ini Keanu jadi pemain cadangan suatu tim yang diterpa pemogokan.

1212. The Watcher (2000)

Dalam tahun yang sama dengan The Replacement, Keanu menjajal tipe karakter yang lain lagi. The Watcher menampilkan dirinya jadi pembunuh berantai yang sadis. Sebenarnya dalam film ini, peran utamanya adalah agen FBI yang dimainkan oleh James Spader. Tapi, kehadiran Keanu sebagai psikopat yang suka mengusik si agen jadi daya tarik bagi film ini.

1313. The Lake House (2006)

Keanu dan Sandra Bullock bereuni. Kali ini, Keanu jadi seorang arsitek yang saling berkirim surat dengan seorang dokter perempuan yang masing-masing berada dalam waktu berbeda dua tahun. Film romantis dengan kisah penyimpangan waktu ini serupa dengan Somewhere in Time (1980), Midnight in Paris (2010), dan About Time (2013).

1414. 47 Ronin (2013)

Dalam film semi-animasi A Scanner Darkly (2006), Keanu mulai tampil brewok. Dalam 47 Ronin yang hadir tujuh tahun kemudian, penampilan tersebut cocok dengan latar ceritanya. Keanu berperan sebagai blasteran Jepang-Eropa di zaman feodal Jepang, yang bersama puluhan samurai lain membalas dendam kepada pembunuh tuannya. Film ini diadaptasi dari kisah nyata.

1515. John Wick: Chapter 2 (2017)

Keanu sepertinya menikmati penampilan barunya yang tidak klimis. Setelah dalam John Wick seri pertama ia berperan sebagai pensiunan pembunuh bayaran yang brewok, ia hadir dalam sekuelnya dengan bulu-bulu muka yang lebih lebat lagi. Tak hanya di film, di acara luar film pun Keanu tampil seperti itu. Jangan-jangan ia sengaja begitu, agar masyarakat tidak sadar bahwa ia benar-benar seorang immortal