Film Turah Mewakili Indonesia di Academy Awards 2018

0
6
Turah Mewakili Indonesia di Oscar
Foto: Febry/Tabloid Nyata

Indonesia kembali mengirim wakil terbaiknya ke ajang bergengsi Academy Awards atau Oscar dalam perhelatannya yang ke-90, 4 Maret 2018 nanti. Film berjudul Turah akan bersaing dengan film-film dari negara lain untuk kategori Best Foreign Language Film (Film Berbahasa Asing Terbaik).

Padahal, Turah terbilang kurang sukses. Agustus lalu, film itu sempat naik layar di bioskop-bioskop tanah air. Namun sayang, hanya mampu bertahan selama dua minggu dengan total tayang sebanyak enam belas kali saja.

Baca juga: Jay Subiakto Mau Bikin Film, Reza Rahadian Maksa Ikut Main

Meski gagal merebut hati penikmat film Indonesia, siapa sangka film ini justru merebut hati komite seleksi Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) untuk mewakili Indonesia di Oscar. ”Nggak kepikiran. Tugas saya hanya membuat yang terbaik,” ujar Wicaksono Wisnu Legowo, Sang Sutradara, ketika dihubungi Nyata, Kamis (21/9) lalu.

Meski filmnya baru dikirim untuk mewakili Indonesia dan belum tentu masuk nominasi atau menang, Wicaksono sudah cukup senang. Baginya, dipilihnya Turah adalah apresiasi yang tak ternilai. ”Saya tahu rasanya, rasanya saya ingin bikin film lagi,” tutur Wicaksono.

Kebanggaan tak hanya dirasakan oleh Wicaksono, tapi juga Ubaidillah, pemeran utama film Turah.

Pria yang sehari-hari bermain teater di Tegal, Jawa Tengah, ini tak pernah menyangka film yang dibintanginya akan selangkah menuju nominasi Oscar. ”Ini sangat mengharukan karena sejak awal film ini tak diperhitungkan,” kata Ubaidillah.

Baca juga: Marsha Timothy, Bawa Nama Indonesia di Festival Film Cannes 2017

Ia mengaku tak kuasa menahan tangis ketika mendapat kabar dari asisten sutradara jika Turah terpilih. Sontak, Ubaidillah langsung mengabarkan berita bahagia itu pada istri dan ketiga anaknya di rumah.

”Pada awalnya saya tidak pernah membayangkan Turah akan seperti ini. Ternyata sambutannya begitu bagus. Saya tak kuasa menahan tangis, begitu juga istri dan anak-anak,” kenangnya.

Diungkap Ubaidillah, ketika menerima penghargaan di Singapore International Film Festival tahun lalu, ia sempat melontarkan guyonan pada istrinya jika Turah akan sampai ke Oscar. ”Ternyata firasat itu kini jadi kenyataan. Alhamdulillah,” pungkasnya. *kri/adi/fel

Selain Turah mewakili Indonesia di Oscar, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2412 terbit tanggal 23 September 2017.