Mobil Ikonik, Ford Bronco OJ Simpson Dijual Rp24,4 Miliar

Mobil Ford Bronco putih milik OJ Simpson dijual. (Foto: Getty Images)
Mobil Ford Bronco putih milik OJ Simpson dijual. (Foto: Getty Images)

Masih ingat peristiwa pengejaran polisi terhadap Orenthal James Simpson atau  OJ Simpson, tersangka kasus pembunuhan mantan istri dan temannya, pada 1994? Peristiwa yang menggegerkan publik ini ditayangkan secara live oleh beberapa stasiun televisi dan menjadi trending topic.

Dalam pengejaran polisi itu, mendiang Simpson menggunakan mobil Ford Bronco putih. Dia duduk di kursi belakang, bersembunyi di balik temannya, Cowlings, yang menyetir mobil itu.

Dan pasca seminggu setelah kepergian Simpson, pada 10 April, akibat kanker, mobil Ford Bronco ikonik itu dijual dengan bandrol ‘setidaknya’ USD1,5 juta atau setara dengan Rp24,4 miliar. Tidak hanya masih dalam kondisi bagus, mobil ini memiliki history ikonik, yang mampu menambah nilai jual.

| Baca Juga: OJ Simpson Meninggal Akibat Kanker dan Kenangan Semasa Hidupnya

Ford Bronco 1993 itu saat ini diletakkan di Museum Alcatraz East Crime, Pigeon Forge, Amerika Serikat, sejak 2016. Dilansir di Cllct.com, salah satu pemilik mobil SUV 1993 itu, Michael Gilbert, mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat untuk menjualnya.

Mobil Ford Bronco putih milik OJ Simpson yang kini dimuseumkan. (Foto: Courtesy of the Alcatraz East Museum)
Mobil Ford Bronco putih milik OJ Simpson yang kini dimuseumkan. (Foto: Courtesy of the Alcatraz East Museum)

Apapun yang terjadi, mobil ini harus terjual pada tahun ini. “Sebelum dia meninggal, kami berpikir tahun ini adalah saat yang tepat untuk menjualnya karena tahun ini merupakan peringatan peristiwa pengejaran polisi yang ke-30 tahun,” kata Gilbert.

“Kita tidak ada yang tahu apa masih hidup pada peringatan ke-35 atau ke-40 tahun nantinya?,” tambahnya.

Setelah dipasarkan di situs website, mereka banyak menerima tawaran. Nilai akhir yang ditawarkan oleh pembeli mobil ini adalah USD750 ribu atau Rp12,2 miliar. “Saya rasa ini adalah salah satu kendaraan yang memorable,” kata salah satu pengamat, Ally Pennington.

“Banyak orang mengingat peristiwa kejar-kejaran itu. Sebab itu, ini adalah salah satu artefak yang biasanya melekat dalam ingatan masyarakat. Mereka ingat di mana mereka berada saat kejar-kejaran itu terjadi dan kapan disiarkan di televisi,” jelas Pennington, sebagaimana dilansir oleh People.com.

| Baca Juga: OJ Simpson Meninggal Akibat Kanker dan Kenangan Semasa Hidupnya

Sebagai informasi, Simpson pernah tersandung kasus pembunuhan mantan istrinya, Nicole Brown Simpson, dan temannya, Ron Goldman, pada Juni 1994. Nicole dan Ron ditemukan meninggal di kondominium Brentwood milik Simpson.

Mereka diketahui meninggal akibat ditikam. Simpson dibebaskan dari pembunuhan Brown dan Goldman pada Oktober 1995. Lebih dari satu dekade kemudian, pada 2008, Simpson kembali terseret masalah dan dijatuhi hukuman penjara karena kasus perampokan bersenjata dan penculikan.

Kasus ini tentu saja menghapus ingatan masyarakat akan prestasi-prestasi Simpson sebagai bintang NFL sebelumnya. Jadi yang dikenang oleh masyarakat sejak itu adalah mobil Ford Bronco milik mantan tersangka pembunuhan, alih-alih bukan milik mantan pemain NFL yang legendaris. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here