Kisah Vina Cirebon Diangkat ke Layar Lebar, Keluarga Tuntut Keadilan

Peluncuran trailer film Vina: Sebelum 7 Hari bersama keluarga Vina. (Foto: Bayu/Nyata)
Peluncuran trailer film Vina: Sebelum 7 Hari bersama keluarga Vina. (Foto: Bayu/Nyata)

Kisah Vina, korban geng motor di Cirebon, Jawa Barat yang sempat viral di tahun 2016 akhirnya diangkat ke layar lebar. Rumah Produksi Dee Company merilis trailer resminya dengan judul ‘VINA: Sebelum 7 Hari’.

Kesepakatan untuk mengadaptasi kisah Vina menjadi film melibatkan diskusi mendalam dengan keluarga korban. Seperti diketahui, Vina meninggal dunia akibat dianiaya oleh geng motor.

Beberapa pelakunya memang telah tertangkap. Namun sebagian lain hingga kini belum diketahui keberadaannya. Sebab itu, film Vina: Sebelum 7 Hari menjadi penting bagi keluarga korban sebagai pengingat akan keadilan yang belum terpenuhi dan sebagai sarana untuk mendoakan almarhumah.

Pihak keluarga pun menyambut baik rencana Dee Company untuk memproduksi film tentang Vina, meski membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk memutuskannya.

| Baca Juga: Pro Kontra Film Vina: Sebelum 7 Hari, Ini Tanggapan Produser dan Sutradara

“Kami perlu waktu berhari-hari diskusi, Tapi siapa yang akan mengenang Vina kalau tidak difilmkan?” ujar Marliana kakak kandung almarhum Vina.

Lewat film Vina: Sebelum 7 Hari, keluarga Vina berharap ada keadilan. (Foto: Bayu/Nyata)
Lewat film Vina: Sebelum 7 Hari, keluarga Vina berharap ada keadilan. (Foto: Bayu/Nyata)

Film ini merupakan adaptasi dari peristiwa nyata pembunuhan dan pemerkosaan yang terjadi pada Vina di Cirebon pada tahun 2016, yang awalnya dianggap sebagai kecelakaan lalu lintas.

Namun, kecurigaan keluarga atas kondisi jenazah yang hancur memicu penyelidikan lebih lanjut, yang mengungkap penganiayaan dan pemerkosaan yang dilakukan oleh geng motor. Pelaku akhirnya ditangkap dan diadili, membawa keadilan bagi Vina dan keluarganya.

“Saat ini masih ada tersangka di luar, belum tertangkap, kalau Vina dilupakan siapa yang akan memberi keadilan?,” kata Marliana.

“Saya setuju untuk dijadikan film, lebih banyak doa untuk adik saya sendiri. Sama seperti Pak Dheeraj, jangan ada Vina-Vina yang lain. Cukup adik saya saja,” sambung Marliana.

| Baca Juga: Kisah Nyata Pembunuhan Dua Sejoli, Film Vina: Sebelum 7 Hari

Sementara itu, sutradara Anggy Umbara mengatakan jika pembuagan film ini memang melibatkan keluarga Vina.

“Dari awal kami melibatkan keluarga Vina. Bahkan skenario pun sudah dibawa oleh keluarga sebelum syuting, jadi kami sangat memperhatikan perasaan keluarga Vina,” tegas Anggi.

Film ini sendiri dibintangi Nayla D. Purnama, Lydia Kandou, Gisellma Firmansyah, Delia Husein, Yusuf Mahardika, Ridwan Kainan, Pritt Timotius, Septian Dwi Cahyo, Imran Ismail dan Fahad Haydra. Rencananya, film ini akan tayang di bioskop Tanah Air pada 8 Mei 2024. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here