Erika Carlina dan 7 Artis lainnya yang Mengidap Autoimun

Erika Carlina, mengidap penyakit Autoimun. Foto : Instagram/eri.crl
Erika Carlina, mengidap penyakit Autoimun. Foto : Instagram/eri.crl

Terlihat sehat dan fit siapa sangka artis dan selebgram, Erika Carlina, ternyata mengidap penyakit Autoimun. Bahkan, penyakit itu dideritanya sejak 3 tahun lalu. Hal itu disampaikan Erika melalui Instagram story-nya, Selasa (16/4/2024).

“Sudah tiga tahun aku berjuang dengan penyakit autoimun-ku. Dan sekarang, baru merasakan gejala itu lagi,” ucapnya.

Erika Carlina mengatakan faktor stres atau banyak pikiran bisa menjadi pemicu. Namun, penyakit ini memiliki gejala yang berbeda-beda. “Gejalanya beda, tergantung jenis autoimun. Kalau yang menyerang tubuhku, otak bisa kesemutan dan kepala botak,” ujar Erika.

Oleh karena itu, ia berharap kepada siapapun agar tidak meremehkan penyakit tersebut. Sebab penyakit ini, walaupun sekilas penderitanya terlihat sehat, namun sebenarnya mereka dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

| Baca Juga: Perjuangan Enzy Storia Ingin Punya Anak di Tengah Penyakit Autoimun

“Karna memang tidak seperti orang sakit. But please temen temen, jangan pernah anggep remeh autoimmune. Kalau kamu memang pengidap, minta tolong orang sekitarmu untuk menyadari dulu bahaya dari autoimmune ini di diri kamu biar kamu dan sekitarmu lebih aware once the symptoms coming back,” tulis Erika.

Erika bukan satu satunya artis yang mengidap penyakit Autoimun, sebelumnya beberapa artis juga mengalami hal yan sama denganya. Berikut di antaranya.

  1. Andrea Dian
Sama seperti Erika Carlina, Andrea Dian juga mengidap penyakit autoimun. Foto : Instagram/andreadianbimo

Andrea Dian pernah mengidap penyakit autoimun. Penyakit yang dideritanya ini membuat dirinya mudah sakit hingga sempat terinfeksi Covid-19. Hal itu lantaran kekebalan tubuhnya yang lemah.

2. Cantika Abigail

Sama seperti Erika Carlina, Cantika Abigail juga mengidap penyakit autoimun. Foto : Instagram/abigailcantika

Berikutnya Cantika Abigail, Mantan vokalis GAC ini mengidap autoimun jenis psoriasis. Penyakitnya ini menyerang bagian kulit sehingga memunculkan bercak merah, membuat kulit kering, dan menyebabkan rasa gatal.

Cantika sudah mengidap psoriasis sejak 2011. Ia sempat merasa terpuruk karena tak kunjung sembuh meski sudah berulang kali berobat.

| Baca Juga: Penyakit Autoimun Kambuh Lagi, Ini yang Dirasakan Ashanty

3. Qory Sandioriva

Sama seperti Erika Carlina, Qory Sandioriva juga mengidap penyakit autoimun. Foto : Instagram/qorisandioriva

Qory Sandioriva memiliki riwayat penyakit autoimun sjogren’s syndrome. Tak hanya itu, Puteri Indonesia 2009 ini juga mengidap penyakit lupus sejak berusia 12 tahun.

Penyakitnya itu membuat kekebalan tubuhnya lemah hingga menjadikan kulit dan mulutnya kering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here